March 3, 2017

Perakit Peralatan Electromechanical

113.201. 307.72. Perakit Peralatan Electromechanical

● Pendidikan: SMK
● Pendapatan Perbulan: Rp 2-4 juta




Diskripsi: 
Teknisi Teknik Elektronik melakukan tugas-tugas teknis untuk membantu dalam penelitian teknik elektronika, dan dalam desain, manufaktur, perakitan, konstruksi, operasi, pemeliharaan, dan perbaikan peralatan elektronik. a) menyediakan bantuan teknis dalam penelitian dan pengembangan peralatan elektronik, atau pengujian prototipe; (b) merancang dan mempersiapkan cetak biru sirkuit elektronik sesuai spesifikasi yang diberikan; (c) menyiapkan perkiraan rinci jumlah dan biaya bahan dan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk pembuatan dan pemasangan peralatan elektronik, sesuai spesifikasi yang diberikan; (d) memantau aspek-aspek teknis dari pembuatan, pemanfaatan, pemeliharaan dan perbaikan peralatan elektronik untuk memastikan kinerja yang memuaskan dan memastikan kesesuaian terhadap spesifikasi dan peraturan; (e) membantu dalam desain, pengembangan, instalasi, operasi dan pemeliharaan sistem elektronik; (f) merencanak metode instalasi, memeriksa instalasi untuk keamanan dan kontrol atau menjalankan peralatan atau sistem elektronik baru; (g) melakukan uji sistem elektronik, mengumpulkan dan menganalisis data, dan merakit sirkuit dalam mendukung ahli elektronik.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 113. Manufaktur
Golongan Jabatan: 307. Operator dan Perakit Mesin
Tipe Kepribadian-Realistis. Memerlukan bentuk-bentuk kecakapan, gerakan, dan keahlian tertentu. Mereka sering berurusan dengan lingkungan kerja yang memiliki tantangan. Pekerjaan dilakukan di ruangan akan tetapi tidak melibatkan banyak dokumen dan tidak membutuhkan banyak koordinasi dengan orang lain.
Nilai Pekerjaan – Bertanggung jawab pada unit kerja, melakukan pemeliharaan dan menyediakan bantuan terknis dalam penelitian dan pengembangan.
Keterampilan – Sains: melakukan penelitian terhadap pengembangan produk, membuat produk yang sesuai standar dan melakukan pemantauan terhadap unit kerja.
Kemampuan - kognitif: Ilmu elektronika, penelitian. Psikomotor: Cekatan dan mahir merakit.  Fisik: Tidak memiliki standar khusus.  Sensory: Teliti dalam melihat komponen produk..
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: Mengirim dan menerima informasi berbagai pengembangan penemuan baru, serta melakukan penelitian terhadap keilmuan yang serupa. Proses Mental: Memimpin, mengawasi dan mengontrol. Hasil Kerja: penemuan produk dan keilmuan pada bidang elektronika yang baru. Interaksi dengan Orang Lain: Sedikit berinteraksi dengan Pekerja yang lain.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: di dalam ruangan, tidak berbahaya.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – ilmu elektronika, perakitan pelaratan elektronika.

Sekolah Lanjutan – SMK Teknik Elektro.