March 7, 2017

Ilmuwan Politik

115.202. 302.26. Ilmuwan Politik
● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 5-7 juta




Deskripsi : 
Ilmuwan politik adalah seseorang yang ahli di bidang disiplin ilmu sosial berkaitan dengan studi tentang negara, bangsa, pemerintah, dan politik dan kebijakan pemerintah. Hal ini berkaitan secara ekstensif dengan teori dan praktek politik, dan analisis sistem politik, perilaku politik, dan budaya politik. Ahli politik terlibat dalam mengungkapkan hubungan yang mendasari peristiwa politik dan kondisi, dan mencoba untuk membangun prinsip-prinsip umum tentang cara dunia bekerja politik. Ilmu politik bersinggungan dengan bidang lain; termasuk ekonomi, hukum, sosiologi, sejarah, antropologi, administrasi publik, kebijakan publik, politik nasional, hubungan internasional, perbandingan politik, psikologi, organisasi politik, dan teori politik.

Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 115. Penelitian Ilmiah, Teknik dan Matematika
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian-Investigatif. Orang model orientasi intelektual dalam lingkungan nyatanya selalu ditandai dengan tugas yang memerlukan berbagai kemampuan abstark, dan kreatif. Untuk dapat memecahkan masalah yang efektif dan efisien diperlukan intelejensi, imajinasi, serta kepekaan terhadap berbagai masalah yang bersifat intelektual dan fisik.
Nilai Pekerjaan – mempelajari ilmu sosial yang berkaitan dengan negara, pemerintahan, kebijakan pemerintahan dan yang bersinggungan dengan prinsip-prinsip ilmu politik seperti: hukum, ekonomi, sosiologi, antropologi, administrasi publik, kebijakan, hubungan bilateral, psikologi dan lainnya.
Keterampilan – Sosio Politik: melakukan pengamatan terhadap perkembangan politik, budaya politik dan pembuatan kebijakan pemerintahan.
Kemampuan - kognitif: ilmu sospol. Psikomotor: tidak memiliki kriteria khusus.  Fisik: tidak memiliki kriteria khusus.  Sensory: isu dan respon publik.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: Mengirim dan menerima data hasil analisis pengamatan, mengidentifikasi objects dan tindakan. Proses Mental: Pengawasan dan mengontrol kebijakan politik. Hasil Kerja: Pemetaan isu sosial politik yang digunakan sebagai saran dalam pengambilan kebijakan pemerintahan. Interaksi dengan Orang Lain: berkaitan langsung dengan respon publik dan negosiasi politik.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: bekerja pada lingkungan sosial politik. berpotensi menentang kebijakan pemerintahan.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari tiga tahun dan kurang dari lima tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila anda tertarik menjadi ilmuwan politik, anda dapat melanjutkan studi dengan mengambil konsentrasi pada program studi sosio politik ataupun ilmu politik. Anda dapat pula memilih sekolah hukum dan politik.