March 3, 2017

Operator Mesin Pertambangan

101.201. 307.71. Operator Mesin Pertambangan

● Pendidikan: SMK
● Pendapatan Perbulan: Rp 5-7 juta

Diskripsi: 
Operator mesin pertambangan dan mineral mengoperasikan dan memantau mesin yang mengekstrak batu dan mineral dari bumi, mesin pengolah mineral dan batu, mesin sumur bor dan penggali, dan mesin pengolahan serta penyelesaian produk semen dan batu. Tugasnya meliputi: mengatur, mengoperasikan, dan memantau berbagai mesin pengolahan hasil pertambangan dan mineral seperti mesin dan peralatan pengeboran dan alat bantunya, mesin pertambangan lanjutan, mesin potong, mesin penghancur, mesin giling, mesin pompa dan mesin pencampur; mengoperasikan mesin pencuci, pemisah, penyuling dan penggabung untuk membuang kotoran dan memperoleh kembali mineral; mengoperasikan mesin untuk membuat semen, beton, batu buatan, dan produk beton dan batuan pracetak; memantau kinerja dari berbagai mesin pabrik, mendeteksi kegagalan dan mengambil tindakan perbaikan; melakukan perawatan, perbaikan dan pembersihan mesin pabrik; dan memelihara catatan produksi.

Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 101. Pertanian dan Sumber daya alam
Golongan Jabatan: 307. Operator dan Perakit Mesin
Tipe Kepribadian-Realistis. Memerlukan bentuk-bentuk kecakapan, gerakan, dan ketahanan tertentu. Pekerjaan dilakukan di luar dan tidak melibatkan banyak dokumen namun bekerja sama dengan orang lain.
Nilai Pekerjaan – Pengawas, mengontrol dan mengoperasikan mesin tambang.
Keterampilan – teknologi. Memahami mekanisme penggunaan mesi tambang.
Kemampuan - kognitif: memahami lapisan batuan yang mengandung mineral, memahami sumber mineral. Psikomotor: terampil dalam mengoperasikan mesin pertambangan.  Fisik: kuat, memiliki memiliki daya tahan tubuh dan stamina yang prima.  Sensory: teliti, sensitif dan memiliki pengamatan yang baik.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: Mengirim dan menerima instruktur dari pekerja lain. Proses Mental: mengawasi dan mengontrol kinerja operasi. Hasil Kerja: pengontrolan dan pengoperasian alat tambang. Interaksi dengan Orang Lain: Berkomunikasi dengan Pekerja Lainnya; Membangun dan Mempertahankan Hubungan Interpersonal; Mengkoordinasikan Kerja dan Kegiatan Lainnya.
Kondisi Fisik Kerja–Outdoors: berbahaya, berpotensi terjangkit penyakit spikologis dan cacing tambang.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – organisasi, koordinasi dan keahlian mengoperasikan mesin tambang.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi operator mesin pertambangan dan mineral, anda dapat melanjutkan studi dengan mengambil jurusan teknik mesin ataupun jurusan pertambangan di SMK daerah anda.