March 11, 2017

Pramugari

109.204. 304.42. Pramugari

● Pendidikan: Sekolah Tinggi Pariwisata dan Pramugari
● Pendapatan Perbulan: Rp 5-7 juta



Diskripsi: 
Pramugari/pramugara bertugas memeriksa peralatan seperti alat pemadam kebakaran, pertolongan pertama dan tabung oksigen; memeriksa persediaan makanan dan minuman sebelum lepas landas; menyambut penumpang, orang-orang langsung ke tempat duduk mereka; membantu memasukkan barang di bagasi dan membantu kebutuhan khusus seperti anak-anak atau para manula; memastikan bahwa setiap orang memakai sabuk pengaman dengan benar; memverifikasi daftar penumpang di pesawat; memastikan bahwa semua kursi, dan bahwa semua kompartemen terpasang erat; memperagakan prosedur keselamatan kepada penumpang; menginstruksikan pada penggunaan masker oksigen, perangkat flotasi, pintu keluar darurat dan proses evakuasi; menawarkan minuman dan makanan ringan kepada penumpang; menginformasikan penumpang ketika mereka dekat dengan tujuan mereka dan mempersiapkan kabin untuk mendarat; menawarkan bantuan kepada orang-orang dengan kebutuhan khusus; mengambil bagasi mereka dan meninggalkan pesawat; memeriksa kompartemen overhead dan kursi untuk memastikan bahwa barang-barang pribadi dan sudah siap untuk penerbangan berikutnya.

Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 108. Perhotelan, Pariwisata dan Rekreasi
Golongan Jabatan: 304. Tenaga Tata Usaha
Tipe Kepribadian- Sosial. Tipe model ini memiliki kecenderungan untuk memilih lapangan pekerjaan yang bersifat membantu orang lain. Memiliki ciri pandai bergaul dan berbicara, bersifat responsive, bertanggung jawab, kemanusiaan, bersifat religius, memiliki kecakapan verbal, hubungan antarpribadi, lebih berorientasi pada perasaan.
Nilai Pekerjaan – melakukan penyambutan penumpang dan melayaninya sebelum dan setelah berada di tempat duduknya masing-masing.
Keterampilan – Pelayanan: melayani penumpang pesawat dan memastikan mereka mendapatkan pelayanan dan keamanan sebelum dan setelah lepas landas sampai mendarat.
Kemampuan - kognitif: pelayanan konsumen. Psikomotor: cekatan dan sigap.  Fisik: memiliki penampilan yang menarik.  Sensory: tidak diperlukan kriteria khusus.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: menerima dan menyampaikan informasi terkait prosedur keselamatan penerbangan kepada penumpang. Proses Mental: melayani, mendisiplinkan dan mengatur. Hasil Kerja: membantu dan melayani sekaligus menyampaikan prosedur keselamatan penerbangan pada penumpang. Interaksi dengan Orang Lain: melakukan koordinasi dengan pilot, pramugari lain dan penumpang.
Kondisi Fisik Kerja – Outdoors: dalam pesawat.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang pramugari, anda dapat melanjutkan studi ke sekolah penerbangan dengan jurusan pramugari.