March 3, 2017

Teknisi Kapal

113.201. 307.72. Teknisi Kapal

● Pendidikan: SMK atau Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 3-5 juta

Diskripsi: 
Teknisi kapal mengontrol dan berpartisipasi dalam operasi, pemeliharaan, dan perbaikan peralatan mekanik, listrik dan elektronik dan mesin di kapal, atau melakukan fungsi-fungsi pendukung lain terkait di pangkalan. 

Tugasnya Meliputi:

  1. Mengendalikan dan berpartisipasi dalam operasi, pemeliharaan, dan perbaikan peralatan mekanik, listrik dan elektronik dan mesin di kapal; 
  2. Memesan bahan bakar dan department store ruang mesin lainnya dan memelihara catatan operasi; 
  3. Melakukan pengawasan teknis dari instalasi, pemeliharaan, dan perbaikan mesin dan peralatan kapal untuk memastikan kesesuaian dengan spesifikasi dan peraturan; 
  4. Memeriksa dan melakukan perbaikan dan pemeliharaan darurat untuk mesin, mesin dan peralatan bantu; 
  5. Mengawasi ruang mesin, memantau dan mencatat kinerja mesin, mesin dan peralatan tambahan.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 113. Manufaktur
Golongan Jabatan: 307. Operator dan Perakit Mesin
Tipe Kepribadian-Realistis. Orang model orientasi realistis dalam lingkungan nyatanya ditandai dengan tugas-tugas yang konkrit, fisik, eksplisit dan memberikan tantangan. Untuk dapat memecahkan masalah yang lebih efektif seringkali memerlukan bentuk-bentuk kecakapan, gerakan, dan ketahanan tertentu. Mereka sering berurusan dengan tanaman; hewan; kayu, peralatan, dan mesin. Banyak pekerjaan dilakukan di luar dan tidak melibatkan banyak dokumen atau bekerja sama dengan orang lain.
Nilai Pekerjaan. Teknisi, perawatan dan perakit
Keterampilan - Sains: Pemeliharaan peralatan, penyelesaian masalah dan pemantauan operasi teknisi.
Kemampuan - kognitif: pemecahan masalah, pemahaman ruang dan logika. Psikomotor: kecakapan tangan dan jari. Fisik:  daya tahan tubuh, kemampuan menyelam. Sensory: visi yang baik, , kontrol motorik, presisi yang baik.
Kegiatan Kerja Umum - Input Informasi: Pemantauan Proses, Bahan; Mengidentifikasi Objects dan tindakan. Proses Mental: Memperbarui dan Menggunakan Pengetahuan yang relevan. Hasil Kerja: Mengontrol Mesin dan Proses. Interaksi dengan Orang Lain: Berkomunikasi dengan Pekerja Lainnya; Membangun dan Mempertahankan Hubungan Interpersonal; Mengkoordinasikan Kerja dan Kegiatan Lainnya.
Kondisi Fisik Kerja - Outdoors; berhadapan langsung dengan laut, berada pada ruang yang lembab, berbahaya.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama.
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – Teknik mesin, pengecoran logam dan Rekayasa dan Teknologi.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik ingin menjadi seorang teknisi kapal, anda dapat melanjutkan studi ke SMK dengan jurusan Teknik Mesin.