March 7, 2017

Ahli Astronomi

115.202. 302.21. Ahli Astronomi
● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 4-6 juta




Deskripsi : 
Ahli astronomi adalah seseorang yang mempelajari, mengobservasi dan menafsirkan benda di ruang angkasa guna meningkatkan pengetahuan ilmiah dan mengembangkan penerapan praktis seperti navigasi dan eksplorasi ruang angkasa. 

Tugas utama seorang ahli astronomi adalah: 

  1. Mempelajari tata surya, sistem perbintangan dan satelitnya serta gejala lain yang terhampar dilangit dengan menggunakan teleskop optik dan radio yang dilengkapi dengan pemotret, spektrometer, radiometer, fotometer, mikrometer dan peralatan khusus guna menentukan karakteristiknya seperti ukuran, kelompok, bentuk, susunan, struktur, temperatur, cahaya serta gerakan-gerakan benda langit.
  2. Menaksir posisinya serta menghitung benda-benda dilangit dan menyediakan tabel-tabel matematis guna dipergunakan oleh navigator udara dan laut.
  3. Menunjukkan posisi relatif dari bumi berdasarkan posisi tertentu dari matahari, bulan, planit dan bintang.
  4. Melakukan penelitian mengenai masalah-masalah perbintangan dan pergerakan benda langit.

Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 115. Penelitian Ilmiah, Teknik dan Matematika
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian-Investigatif. Orang model orientasi intelektual dalam lingkungan nyatanya selalu ditandai dengan tugas yang memerlukan berbagai kemampuan abstark, dan kreatif. Untuk dapat memecahkan masalah yang efektif dan efisien diperlukan intelejensi, imajinasi, serta kepekaan terhadap berbagai masalah yang bersifat intelektual dan fisik.
Nilai Pekerjaan – melakukan penelitian, mempelajari tata surya dan ilmu perbintangan guna keperluan ekspedisi luar angkasa, pemasangan orbit satelit dan penetapan kalender.
Keterampilan – Sains: melakukan penelitian dan membuat teori berkaitan dengan tata surya.
Kemampuan - kognitif: ilmu perbintangan. Psikomotor: tidak memiliki kriteria khusus.  Fisik: tidak memiliki kriteria khusus.  Sensory: tidak memiliki kriteria khusus.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: Mengirim dan menerima data hasil analisis penelitian, mengidentifikasi objects dan tindakan. Proses Mental: Memimpin, mengawasi dan pengembangan. Hasil Kerja: peningkatan ilmu pengetahuan ilmiah bidang astronomi. Interaksi dengan Orang Lain: tidak banyak aktifitas dengan orang lain..
Fisik Kerja Kondisi – Indoors: dalam laboratorium. Outdoor: pengamatan langsung terhadap benda langit.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari tiga tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang ahli astronomi, anda dapat melanjutkan studi pada sekolah SMA dengan jurusan IPA dengan konsentrasi pada keilmuan Fisika atau ilmu perbintangan.