March 7, 2017

Antropolog dan arkeolog

115.202. 302.21. Antropolog dan arkeolog
● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 4-6 juta




Deskripsi
Ahli antropologi adalah seseorang yang mempelajari, menyelidiki, dan menjelaskan tentang manusia baik dari fisik, perilaku, keanekaragaman, dan lain sebagainya.

Tugas seorang ahli antropologi meliputi: 

  1. Melakukan penelitian tentang evolusi fisik manusia, adaptasinya terhadap lingkungan, dan kebudayaan yang masih ada maupun yang sudah punah. 
  2. Mendeskripsikan tata cara kehidupan kelompok manusia dari berbagai sudut belahan bumi pada setiap periode dan karakter fisik manusia yang hidup pada kelompok itu. 
  3. Menemukan prinsip-prinsip umum tentang gaya hidup manusia serta bagaimana gaya hidup itu terbentuk. 
  4. Meneliti tentang asal muasal hidup manusia dari periode ke periode, perkembangan struktur fisik dan pengaruhnya terhadap lingkungan, mengembangkan teori, model dan metode untuk menafsirkan dan menjelaskan tentang aspek manusia.
Ahli arkeologi mempelajari manusia beserta kebudayaan-kebudayaan yang terjadi dimasa lampau melalui peninggalanya. Tugasnya meliputi: menelusuri perkembangan masyarakat melalui materi sisa-sisa masa lalu, seperti tempat tinggal, kuil, peralatan, tembikar, koin, senjata, atau patung; mempelajari perilaku manusia dan proses perubahan budaya; melakukan penelitian dengan penggalian (ekskavasi) arkeologis; mengelola sumber daya arkeologi (Archaeological Resources Management) atau pengelolaan sumberdaya budaya (CRM, Culture Resources Management); mengembangkan teori, model dan metode untuk menafsirkan dan menjelaskan tentang asal usul kebudayan manusia; mengevaluasi hasil keputusan politik tentang kebijakan sosial; menganalisis dan mengevaluasi data sosial; memberikan saran tentang aplikasi praktis dari temuan dalam perumusan kebijakan ekonomi dan sosial untuk kelompok penduduk dan wilayah, dan untuk pengembangan pasar; menyiapkan makalah ilmiah dan laporan.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 115. Penelitian Ilmiah, Teknik dan Matematika
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian-Investigatif. Orang model orientasi intelektual dalam lingkungan nyatanya selalu ditandai dengan tugas yang memerlukan berbagai kemampuan abstark, dan kreatif. Untuk dapat memecahkan masalah yang efektif dan efisien diperlukan intelejensi, imajinasi, serta kepekaan terhadap berbagai masalah yang bersifat intelektual dan fisik.
Nilai Pekerjaan – melakukan penelitian, membuat teori dan proses perkembangan manusia dan kebudayaan manusia.
Keterampilan – Sosiologi: melakukan penelitian yang berkaitan dengan kehidupan sosial budaya manusia.
Kemampuan - kognitif: perkembangan sosial budaya. Psikomotor: tidak memiliki kriteria khusus.  Fisik: tidak memiliki kriteria khusus.  Sensory: tidak memiliki kriteria khusus.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: Mengirim dan menerima data hasil analisis penelitian, mengidentifikasi objects dan tindakan. Proses Mental: Memimpin, mengawasi dan merencanakan. Hasil Kerja: analisis kebutuhan kelompok penduduk dan wilayah untuk keperluan kebijakan sosial dan ekonomi masyarakat. Interaksi dengan Orang Lain: sosialisasi kepada sosial masyarakat.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: dalam ruang kerja. Outdoors: melakukan survei dan berinteraksi dengan suku atau kelompok masyarakat tertentu.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila ingin menjadi seorang antropolog atau arkeolog, anda dapat melanjutkan studi pada sekolah SMA dengan jurusan IPS dan selanjutnya dapat melanjutkan pada perguruan tinggi dengan konsentrasi pada keilmuan Antropolog atau Sosiolog.