March 7, 2017

Ahli biokimia dan biofisika

115.202. 302.21. Ahli biokimia dan biofisika
● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 5-7 juta




Deskripsi
Ahli biokimia merupakan orang yang bekerja dalam bidang penelitian mengenai komposisi dan proses kimia dari organisme hidup untuk meningkatkan pengetahuan terapan di bidang kedokteran atau untuk industri. 

Tugas utama ahli biokimia adalah: 
Melakukan eksperimen, pengujian dan analisis untuk menentukan komposisi kimia suatu organisme hidup, unsur kimia seperti pernafasan, pencernaan, pertumbuhan dan penuaan, reaksi kimia dari makanan, obat, serum, hormon, persenyawaan lain yang terdapat pada jaringan tubuh suatu organisme atau manusia.

Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 115. Penelitian Ilmiah, Teknik dan Matematika
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian-Investigatif. Orang model orientasi intelektual dalam lingkungan nyatanya selalu ditandai dengan tugas yang memerlukan berbagai kemampuan abstark, dan kreatif. Bukan tergantung kepada pengamatan pribadinya. Untuk dapat memecahkan masalah yang efektif dan efisien diperlukan intelejensi, imajinasi, serta kepekaan terhadap berbagai masalah yang bersifat intelektual dan fisik.
Nilai Pekerjaan – melakukan penelitian, uji coba laboratorium biokimia, analisis kimia pada suatau organisme dan membuat pengembangan vaksin terkait dunia perobatan.
Keterampilan – Sains: melakukan penelitian dan pengembangan baru, membuat vaksin dan obat-obatan.
Kemampuan - kognitif: ilmu Biologi dan kimia. Psikomotor: tidak memiliki kriteria khusus.  Fisik: tidak memiliki kriteria khusus.  Sensory: tidak memiliki kriteria khusus.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: Mengirim dan menerima data hasil analisis penelitian, mengidentifikasi objects dan tindakan. Proses Mental: Memimpin, mengawasi dan mengontrol. Hasil Kerja: vaksin dan obat-obatan. Interaksi dengan Orang Lain: tidak banyak aktifitas dengan orang lain..
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: didalam laboratorium, berpotensi terkontaminasi bahan kimia berbahaya.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang Ahli Biokimia, anda dapat melanjutkan studi sekolah SMA atau SMK dengan jurusan IPA dengan konsentrasi pada keilmuan Kimia dan biologi.