March 7, 2017

Ahli biologi

115.202. 302.21. Ahli biologi
● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 5-7 juta



Deskripsi
Ahli biologi adalah seseorang yang bekerja untuk melakukan penelitan mengenai segala bentuk kehidupan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan hayati dan mengembangkan pengetahuan terapan diberbagai bidang ilmu seperti kedokteran dan pertanian. 

Tugas utama seorang ahli biologi meliputi : 

  1. Merencanakan studi lapangan dan laboratorium mengenai asal, perkembangan, fungsi, susunan penyebaran, lingkungan dan antar hubungan dan aspek bentuk kehidupan lainnya.
  2. Mengamati karakteristik dan tingkah laku bentuk kehidupan alam lingkungan mereka.
  3. Mengidentifikasikan specimen untuk membantu studi mengenai perkembangannya, penyakit dan permasalahan lain.
  4. Membuat dan mempersiapkan laporan mengenai penemuan yang dapat digunakan diberbagai bidang ilmu seperti kedokteran, pertanian dan farmasi.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 115. Penelitian Ilmiah, Teknik dan Matematika
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian-Investigatif. Orang model orientasi intelektual dalam lingkungan nyatanya selalu ditandai dengan tugas yang memerlukan berbagai kemampuan abstark, dan kreatif. Bukan tergantung kepada pengamatan pribadinya. Untuk dapat memecahkan masalah yang efektif dan efisien diperlukan intelejensi, imajinasi, serta kepekaan terhadap berbagai masalah yang bersifat intelektual dan fisik.
Nilai Pekerjaan – melakukan penelitian, uji coba laboratorium sebagai pengembangan dunia kedokteran dan pertanian.
Keterampilan – Sains: melakukan penelitian dan menyususn standarisasi kerja yang berkaitan dengan bahan berbahaya kimia.
Kemampuan - kognitif: ilmu biologi dan hayati. Psikomotor: tidak memiliki kriteria khusus.  Fisik: tidak memiliki kriteria khusus.  Sensory: tidak memiliki kriteria khusus.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: Mengirim dan menerima data hasil penelitian, mengidentifikasi objects dan tindakan. Proses Mental: Memimpin, mengawasi dan mengontrol. Hasil Kerja: pengembangan produk pada bidang kedokteran, farmasi dan pertanian. Interaksi dengan Orang Lain: tidak banyak aktifitas dengan orang lain.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: didalam laboratorium, berpotensi terkontaminasi bakteri/parasit.
Pengalaman - pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang Ahli Biologi, anda dapat melanjutkan studi sekolah dengan jurusan IPA dengan konsentrasi pada keilmuan Biolgi.