March 7, 2017

Ahli Nuklir

115.202. 302.21. Ahli Nuklir
● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: 5-7 juta




Diskripsi: 
Ahli nuklir adalah orang yang bertugas melakukan penelitian mengenai struktur dan karakteristik atom, molekul dan intinya guna meningkatkan pengetahuan ilmiah atau untuk menemukan penerapan praktis ilmu-ilmu fisika atom, molekuler dan nuklir. 
Ahli nuklir memiliki tugas yang sejenis dengan ahli fisika, tetapi mengkhususkan di bidang industri, kedokteran, kemiliteran dan lainnya.

Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 115. Penelitian Ilmiah, Teknik dan Matematika
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian-Investigatif. Orang model orientasi intelektual dalam lingkungan nyatanya selalu ditandai dengan tugas yang memerlukan berbagai kemampuan abstark, dan kreatif. Untuk dapat memecahkan masalah yang efektif dan efisien diperlukan intelejensi, imajinasi, serta kepekaan terhadap berbagai masalah yang bersifat intelektual dan fisik.
Nilai Pekerjaan – melakukan penelitian, perencanaan standarisasi kerja, uji coba laboratorium. Analisis atom dan molekul.
Keterampilan – Sains: melakukan penelitian dan pengembangan sains bidang rekayaya genetika.
Kemampuan - kognitif: ilmu fisika. Psikomotor: tidak memiliki kriteria khusus.  Fisik: tidak memiliki kriteria khusus.  Sensory: tidak memiliki kriteria khusus.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: Mengirim dan menerima data hasil analisis penelitian, mengidentifikasi objects dan tindakan. Proses Mental: Memimpin, mengawasi dan mengontrol. Hasil Kerja: rekayasa genetika, pengobatan dan senjata militer. Interaksi dengan Orang Lain: tidak banyak aktifitas dengan orang lain.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: dalam laboratorium, berpotensi terpapar radiasi berbahaya.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang Ahli Nuklir, anda dapat melanjutkan studi pada sekolah SMA dengan jurusan IPA atau sekolah SMK dengan konsentrasi pada keilmuan fisika.