March 7, 2017

Ahli Teknik Elektronik

115.202. 302.21. Ahli Teknik Elektronik
● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 4-6 juta





Deskripsi : 
Ahli teknik elektronik adalah orang yang bertugas melakukan penelitian, mendesain, dan mengarahkan penggunaan, pemeliharaan, dan perbaikan sistem elektronik dan mempelajari aspek teknologi rekayasa bahan elektronik. 

Tugas umum seorang ahli elektronik adalah:

  1. Merancang perangkat dan sistem elektronik.
  2. Menentukan dan mengarahkan metode produksi atau pekerjaan instalasi produk dan sistem elektronik.
  3. Menetapkan standar dan prosedur control untuk memastikan efisiensi fungsi dan keamanan sistem elektronik.
  4. Mengatur dan mengarahkan pemeliharaan dan perbaikan sistem elektronik.
  5. Merancang sirkuit elektronik dan komponen yang digunakan dalam bidang-bidang kedirgantaraan dan bagian menejemen eklektronika lainnya.
  6. Mengembangkan peralatan dan prosedur untuk menguji komponen elektronik, sirkuit dan sistem.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 115. Penelitian Ilmiah, Teknik dan Matematika
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian-Investigatif. Orang model orientasi intelektual dalam lingkungan nyatanya selalu ditandai dengan tugas yang memerlukan berbagai kemampuan abstark, dan kreatif. Untuk dapat memecahkan masalah yang efektif dan efisien diperlukan intelejensi, imajinasi, serta kepekaan terhadap berbagai masalah yang bersifat intelektual dan fisik.
Nilai Pekerjaan – merencang, melakukan penelitian, uji coba rekayasa elektromagnetikal. Analisis zat dan kandungan kimia, dan membuat standarisasi sistem elektronik.
Keterampilan – Sains: melakukan penelitian dan uji coba teknologi elektromaknetik.
Kemampuan - kognitif: ilmu fisika dan elektronika. Psikomotor: tidak memiliki kriteria khusus.  Fisik: tidak memiliki kriteria khusus.  Sensory: tidak memiliki kriteria khusus.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: Mengirim dan menerima data hasil penelitian, mengidentifikasi objects dan tindakan. Proses Mental: Memimpin, mengawasi dan mengontrol. Hasil Kerja: pengembangan riset bidang elektonika. Interaksi dengan Orang Lain: tidak banyak aktifitas dengan orang lain.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: dalam laboratorium, memiliki potensi kecelakaan kerja.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang Ahli taknik elektronik, anda dapat melanjutkan studi pada sekolah SMA dengan jurusan IPA atau SMK dengan konsentrasi pada jurusan elektronika.