March 11, 2017

Analis Keuangan

106.206. 303.34. Analis Keuangan

● Pendidikan: Sarjana dan Magister
● Pendapatan Perbulan: Rp 4-6 juta


Diskripsi: Analis keuangan adalah seseorang yang bertugas melakukan analisis kuantitatif informasi yang mempengaruhi program investasi lembaga publik atau swasta. 

Analis keuangan memiliki tugas seperti: 

  1. Menganalisis informasi keuangan untuk menghasilkan perkiraan kondisi bisnis, industri, dan ekonomi untuk digunakan dalam pembuatan keputusan investasi. 
  2. Menafsirkan data yang mempengaruhi program investasi, seperti harga, pengembalian, stabilitas, tren masa depan dalam resiko investasi, dan pengaruh ekonomi.
  3. Memantau perkembangan ekonomi, industri, dan perusahaan melalui analisis informasi yang diperoleh dari publikasi keuangan dan jasa, perusahaan investasi perbankan, instansi pemerintah, publikasi perdagangan, dan sumber-sumber perusahaan.
  4. Merekomendasikan investasi dan waktu investasi untuk perusahaan, staf perusahaan investasi, atau investor publik.
  5. Menyusun rencana investasi berdasarkan analisis keuangan.


Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 106. Keuangan dan Asuransi
Golongan Jabatan: 303. Tenaga Teknisi dan Asisten Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Konvensional. Memiliki kecenderungan terhadap numerical (angka) yang teratur, menghindari situasi yang kabur, lingkungan nyatanya ditandai  dengan berbagai macam tugas dan pemecahan masalah memerlukan suatu proses informasi verbal dan matematis secara kontinu, rutin, konkrit, sistematis, dengan waktu yang relative singkat.
Nilai Pekerjaan – Melakukan analisis kuantitatif informasi yang mempengaruhi program investasi lembaga publik atau swasta.
Keterampilan – Analisis: melakukan analisis keuangan serta memantau perkembangan ekonomi yang mempengaruhi nilai investasi.
Kemampuan - Kognitif: ekonomi bisnis dan investasi. Psikomotor: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Fisik: tidak memiliki kriteria khusus.  Sensory: prediksi ekonomi pasar dan investasi.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: menerima dan membuat laporan hasil analisis perkembangan ekonomi. Proses Mental: memantau, mengevaluasi dan merencanakan. Hasil Kerja: memantau dan memberikan masukan terhadap perkembangan ekonomi melalui analisis informasi investasi dan perkembangan saham nasional maupun global. Interaksi dengan Orang Lain: bekerja sama dengan unit kerja terkait.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: Bursa saham, lembaga keuangan.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja – lebih dari tiga tahun dan kurang dari lima tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang Analis keuangan, anda dapat melanjutkan studi ke sekolah dengan jurusan IPS dengan konsentrasi pada keilmuan Ekonomi.