106.206.
303.34. Analis Riset Pasar
● Pendidikan: Sarjana dan Magister
● Pendapatan Perbulan: Rp 4-6 juta
Diskripsi: Analis penelitian pasar bertugas untuk mengumpulkan
informasi pasar yang berkaitan dengan peluang dan masalah
pemasaran.
Tugasnya analis pasar meliputi:
Tugasnya analis pasar meliputi:
- Merancang metode untuk pengumpulan informasi pasar.
- Mengelola dan mengimplementasikan proses pengumpulan data pasar.
- Menafsirkan dan meramalkan tren konsumen saat ini dan masa depan.
- Memberi masukan bagi pihak manajemen dalam rangka identifikasi masalah dan pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah pemasaran.
- Mengawasi dan melakukan riset pasar untuk mengidentifikasi peluang pasar.
Lokasi
Kerja-Ketertarikan Lokasi:
106. Keuangan dan Asuransi
Golongan
Jabatan: 303. Tenaga
Teknisi dan Asisten Tenaga Profesional
Tipe
Kepribadian- Enterpresing.
Memiliki ciri khas diantaranya menggunakan ketrampilan-ketrampilan berbicara
untuk menguasai orang lain atau mempengaruhi orang lain, menganggap dirinya
paling kuat, jantan, mudah untuk mengadakan adaptasi dengan orang lain,
menyenangi tugas-tugas sosial yang kabur, perhatian yang besar pada kekuasaan,
status dan kepemimpinan, agresif dalam kegiatan lisan.
Nilai
Pekerjaan –
mengumpulkan informasi pasar yang digunakan untuk menyempurnakan aktivitas
pemasaran yang lebih efektif.
Keterampilan
– Analisis:
melakukan evaluasi yang berkaitan dengan masalah pemasaran.
Kemampuan
- kognitif:
ekonomi pemasaran. Psikomotor: tidak
memerlukan kriteria khusus. Fisik: tidak memerlukan kriteria
khusus. Sensory: peka terhadap masalah pasar.
Kegiatan
Kerja Umum- Input Informasi: menerima dan membuat laporan
permasalahan ekonomi pasar. Proses Mental:
merencanakan, mengawasi dan Mengidentifikasi. Hasil Kerja: mengawasi dan merencanakan tindakan yang berkaitan
dengan masalah pemasaran. Interaksi
dengan Orang Lain: bekerjasama dengan unit kerja terkait.
Kondisi
Fisik Kerja – Indoors: perusahaan pada unit kerja keuangan.
Pengalaman
- Membutuhkan
pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau
pengalaman bidang yang sama.
Persiapan
Kerja – lebih dari dua
tahun dan kurang dari lima tahun pekerjaan.
Pengetahuan
– bidang keilmuan yang
sama.
Sekolah
Lanjutan – Apabila anda berminat menjadi seorang Analis pasar, anda dapat melanjutkan studi ke sekolah yang menyediakan program studi ekonomi, seperti SMEA atau SMA yang membuka program studi IPS.