March 9, 2017

Asisten Medis

108.204. 303.32. Asisten Medis

● Pendidikan: D3 dan Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 4-6 juta

Diskripsi: Asisten medis adalah tenaga medis yang melakukan tugas klinis dan administrasi dasar untuk mendukung perawatan pasien di bawah pengawasan langsung dari praktisi medis atau profesional kesehatan lainnya. 

Tugas utama asisten medis adalah:

  1. Mewawancarai pasien dan keluarganya untuk memperoleh informasi tentang status kesehatannya dan sejarah medis.
  2. Membantu dokter dan profesional kesehatan lainnya untuk memeriksa dan menangani pasien, termasuk mengukur dan mencatat tanda-tanda vital, memberikan obat-obatan, dan melakukan prosedur klinis rutin seperti memberi suntikan dan melepas jahitan.
  3. Mengumpulkan darah, jaringan atau spesimen lain, dan menyiapkannya untuk pengujian laboratorium.
  4. Memberikan informasi kepada pasien dan keluarga tentang topik kesehatan termasuk obat yang diresepkan oleh dokter atau profesional kesehatan lainnya.
  5. Menjaga kebersihan ruang tunggu dan pemeriksaan pasien.
  6. Merekam informasi tentang sejarah medis pasien, pengujian diagnostik dan informasi lainnya dalam sistem penyimpanan catatan medis.
  7. Menjadwalkan janji dengan pasien, dan mempersiapkan dokumen yang diperlukan untuk tagihan, pelaporan dan asuransi.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 108. Ilmu Kesehatan
Golongan Jabatan: 303. Tenaga Teknisi dan Asisten Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Sosial. Tipe model ini memiliki kecenderungan untuk memilih lapangan pekerjaan yang bersifat membantu orang lain. Memiliki ciri pandai bergaul dan berbicara, bersifat responsive, bertanggung jawab, kemanusiaan, bersifat religius, memiliki kecakapan verbal, hubungan antarpribadi, lebih berorientasi pada perasaan.
Nilai Pekerjaan – melakukan tugas klinis dan administrasi dasar.
Keterampilan – Administrasi Medis: menyiapkan berbagai keperluan dasar dokter.
Kemampuan - kognitif: ilmu kesehatan, perawatan, dan administrasi medis. Psikomotor: cekatan dan sigap.  Fisik: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Sensory: diagnosis yang baik.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: menerima dan menyampaikan laporan hasil diagnosa awal kepada dokter. Proses Mental: melayani, merencanakan dan mengatur. Hasil Kerja: membantu dan menyiapkan segala keperluan dokter. Interaksi dengan Orang Lain: bekerjasama dengan dokter profesional, pekerja medis lain dan pasien.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: dalam rumah sakit, klinik, puskesmas. Outdoors: pengobatan masal, bakti sosial pada even tertentu.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Jika anda tertarik ingin menjadi seorang Asisten medis, anda dapat melanjutkan studi pada sekolah keperawatan ataupun sekolah kesehatan yang ada di daerah anda.