March 11, 2017

Atlet

105.205. 303.36. Atlet

● Pendidikan: SMA dan Sekolah Keolahragaan
● Pendapatan Perbulan: Rp 4-6 juta


Deskripsi: Atlet atau olahragawan merupakan seseorang berpartisipasi dalam acara kompetisi olahraga. Mereka berlatih dan bersaing, baik secara individual atau sebagai bagian dari tim, dalam olahraga yang mereka pilih. 

Kegiatan umum seorang atlet meliputi: 

  1. Berpartisipasi dalam acara kompetisi olahraga. 
  2. Berpartisipasi dalam latihan yang teratur untuk mempertahankan standar kebugaran dan keterampilan yang diperlukan.
  3. Melakukan kegiatan promosi olahraga.
  4. Mempertahankan tingkat keahlian yang tinggi dalam olahraga tertentu.

Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 105. Pendidikan dan Pelatihan
Golongan Jabatan: 303. Tenaga Teknisi dan Asisten Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Enterpresing. Memiliki ciri khas diantaranya menggunakan ketrampilan-ketrampilan berbicara untuk menguasai orang lain atau mempengaruhi orang lain, menganggap dirinya paling kuat, jantan, mudah untuk mengadakan adaptasi dengan orang lain, menyenangi tugas-tugas sosial yang kabur, perhatian yang besar pada kekuasaan, status dan kepemimpinan, agresif dalam kegiatan lisan.
Nilai Pekerjaan – berpartisipasi dalam acara kompetisi olahraga.
Keterampilan – Olahraga: persiapan diri untuk berpartisipasi dalam kompetisi olahraga.
Kemampuan - kognitif: ilmu olahraga sejenis. Psikomotor: cekatan dan lincah.  Fisik: sehat jasmani, memiliki daya tahan tubuh dan fisik yang baik.  Sensory: memiliki visi yang baik, reflek yang baik dan mampu membaca situasi dengan baik.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: menerima dan melaporkan hasil latihan dan perkembangan fisik. Proses Mental: mengatur, memimpin dan merencanakan. Hasil Kerja: mengikuti kompertisi olahraga. Interaksi dengan Orang Lain: bekerjasama dengan pelatih, ahli olah raga lain dan atlet lain.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: dalam gedung olah raga, stadion dan pusat kebugaran. Outdoors: lapangan, lintasan arena, dll.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - kurang dari satu tahun dan lebih dari satu tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang Atlet, anda dianjurkan melanjutkan studi pada sekolah yang menyediakan fasilitas keolahragaan yang memadai serta menyediakan kelas khusus pada konsentrasi keilmuan bidang olah raga.