March 11, 2017

Bartender

109.205. 304.42. Bartender

● Pendidikan: Sekolah Perhotelan dan Pariwisata
● Pendapatan Perbulan: Rp 2-4 juta




Deskripsi: 
Pramutama/bartender adalah orang yang mempersiapkan, mencampur dan melayani minuman langsung kepada pelanggan melalui bar atau counter.

Tugas bartender meliputi:  

  1. Melayani pesanan minuman dari staf atau langsung dari pelanggan.
  2. Menyiapkan dan menyajikan minuman di bar.
  3. Melakukan pemeliharaan area layanan bar.
  4. Membantu dalam menjaga kebersihan bar.
  5. Menyajikan makanan ringan atau makanan lainnya untuk pelanggan di bar.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 109. Perhotelan, Pariwisata dan Rekreasi
Golongan Jabatan: 304. Tenaga Tata Usaha
Tipe Kepribadian- Enterpresing. Memiliki ciri khas diantaranya menggunakan ketrampilan-ketrampilan berbicara untuk menguasai orang lain atau mempengaruhi orang lain, menganggap dirinya paling kuat, jantan, mudah untuk mengadakan adaptasi dengan orang lain, menyenangi tugas-tugas sosial yang kabur, perhatian yang besar pada kekuasaan, status dan kepemimpinan, agresif dalam kegiatan lisan.
Nilai Pekerjaan – membuat, mempersiapkan dan meracik minuman beralkohol dan non-alkohol langsung kepada pelanggan melalui bar atau counter.
Keterampilan – Mixologi dan Flair: meracik minuman beralkohol dan non alkohol serta melakukannya dengan teknik akrobatik tertentu.
Kemampuan - kognitif: ilmu meracik minuman. Psikomotor: cekatan dan lincah.  Fisik: tidak memerlukan kriteria khusus.  Sensory: mampu memperkirakan takaran racikan dengan baik.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: memberikan informasi mengenai racikan yang akan dibuat ke pelanggan. Proses Mental: mempengaruhi. Hasil Kerja: meracik minuman dan memberikan pertunjukan kepada tamu/pelanggan. Interaksi dengan Orang Lain: bekerjasama dengan bartender lain dan melayani pelanggan dengan ramah dan menyenangkan.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: dalam bar, caffe dan tempat hiburan malam.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - kurang dari satu tahun dan lebih dari satu tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang bartender, anda dapat melanjutkan studi pada sekolah perhotelan atau sekolah pariwisata yang menyediakan program studi keahlian bidang perhotelan dan pariwisata.