March 11, 2017

Diagnostik Medis Sonographers,

108.206. 303.32. Diagnostik Medis Sonographers

● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 2-4 juta

Diskripsi: Sonografer menghasilkan rekaman ultrasonik organ internal untuk digunakan oleh dokter. Mengamati layar selama scan untuk memastikan bahwa gambar yang dihasilkan memuaskan untuk tujuan diagnostik, membuat penyesuaian pada peralatan yang diperlukan; mengamati dan merawat pasien melalui pemeriksaan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan; memberikan sonogram dan ringkasan lisan atau tertulis temuan teknis untuk dokter untuk digunakan dalam diagnosis medis; memilih pengaturan peralatan yang tepat dan menyesuaikan posisi pasien untuk mendapatkan situs terbaik dan sudut; mengoperasikan peralatan USG untuk memproduksi dan merekam gambar gerak, bentuk, dan komposisi darah,  mencari perbedaan antara daerah yang sehat dan patologis; mempersiapkan pasien untuk uji dengan menjelaskan prosedur, menempatkan pasien ke meja USG, menggosok kulit dan menerapkan gel, dan menempatkan pasien dengan benar; menentukan apakah cakupan uji harus diperluas, berdasarkan temuan; memperoleh dan mencatat riwayat pasien yang akurat,  termasuk hasil tes sebelumnya atau informasi dari pemeriksaan fisik; memelihara catatan yang mencakup informasi pasien, sonographs dan interpretasi, file korespondensi, publikasi dan peraturan, atau catatan jaminan kualitas, seperti patologi, biopsi, atau laporan pasca-operasi.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 108. Ilmu Kesehatan
Golongan Jabatan: 303. Tenaga Teknisi dan Asisten Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Konvensional. Memiliki kecenderungan terhadap numerical (angka) yang teratur, menghindari situasi yang kabur, lingkungan nyatanya ditandai  dengan berbagai macam tugas dan pemecahan masalah memerlukan suatu proses informasi verbal dan matematis secara kontinu, rutin, konkrit, sistematis, dengan waktu yang relative singkat.
Nilai Pekerjaan – mengoperasikan alat perekaman medis ultrasonik yang digunakan untuk mengetahui organ internal pasien sebagai bahan diagnosis dokter.
Keterampilan – rekam medis: melakukan pencatatan hasil rekam medis sebagai bahan diagnosis dokter.
Kemampuan - Kognitif: ilmu rekam medis. Psikomotor: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Fisik: tidak memiliki kriteria khusus.  Sensory: tidak memerlukan kriteria khusus.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: membuat laporan hasil sonografi. Proses Mental: mengontrol dan mengawasi. Hasil Kerja: melakukan rekam medis dan membuat catatan informasi mengenai hasil sonograp. Interaksi dengan Orang Lain: bekerja sama dengan dokter dan unit kerja terkait.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: rumah sakit. Ruang radiologi. Berpotensi terpapar radiasi.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja – kurang dari satu tahun dan lebih dari 2 tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Seluruh SMA jurusan IPA di Kabupaten Klaten.