March 11, 2017

Kasir

114.206. 305.51. Kasir

● Pendidikan: SMA
● Pendapatan Perbulan: Rp 1-3 juta



Diskripsi: 
Kasir toko bertugas menjalankan proses penjualan dan pembayaran; melakukan pencatatan atas semua transaksi; membantu pelanggan dalam memberikan informasi mengenai suatu produk; melakukan proses transaksi pelayanan jual beli serta melakukan pembungkusan; melakukan pengecekan atas jumlah barang pada sat penerimaan barang; melakukan pencatatan kas fisik serta melakukan pelaporan kepada atasan; melakukan pengecekan atas stok bulanan

Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 114. Penjualan dan Layanan Retail dan Grosir
Golongan Jabatan: 305. Tenaga Usaha jasa dan Tenaga Penjualan
Tipe Kepribadian- Konvensional. Memiliki kecenderungan terhadap numerical (angka) yang teratur, menghindari situasi yang kabur, lingkungan nyatanya ditandai  dengan berbagai macam tugas dan pemecahan masalah memerlukan suatu proses informasi verbal dan matematis secara kontinu, rutin, konkrit, sistematis, dengan waktu yang relative singkat.
Nilai Pekerjaan – Melakukan penjualan, pencatatan transaksi, memberikan informasi mengenai produk dan melayani transaksi pembayaran.
Keterampilan – Pelayanan: melayani pembeli dalam memberikan informasi produk serta melayani proses transaksi pembelian.
Kemampuan - Kognitif: tidak membutuhkan pengetahuan tertentu. Psikomotor: cekatan dan sigap melayani pelanggan.  Fisik: tidak memiliki kriteria khusus.  Sensory: prediksi ekonomi pasar dan investasi.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: membuat laporan hasil transaksi penjualan dan pembelian. Proses Mental: memantau, mengawasi dan melayani. Hasil Kerja: melayani semua jenis transaksi berbelanja. Interaksi dengan Orang Lain: pembeli dan atasan.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: toko, supermarket, dan tempat pembayaran lain.
Pengalaman – Tidak membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama.
Persiapan Kerja – Kurang dari satu tahun.
Pengetahuan – tidak membutuhkan pengetahuan khusus.

Sekolah Lanjutan Untuk menjadi seorang pelayan toko atau kasir, tidak dibutuhkan pendidikan khusus. Akan tetapi apabila suatu saat anda berminat dan tertarik bekerja sebagai pelayan toko, anda harus memiliki keramahan, kecermatan dan kejujuran dalam bekerja. karena berhubungan dengan administrasi penjualan.