March 11, 2017

Guru Kejuruan

105.204. 302.23. Guru Kejuruan

● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 2-4 juta

Diskripsi: 
Guru pendidikan kejuruan merupakan pengajar yang memfokuskan pekerjaannya dalam mempersiapkan siswa untuk bekerja di pekerjaan spesifik atau area kerja dimana pendidikan tinggi atau universitas biasanya tidak diperlukan. 

Tugas utama guru pendidikan kejuruan adalah:

  1. Mengembangkan kurikulum dan merencanakan konten dan metode pengajaran. 
  2. Menentukan kebutuhan pelatihan mahasiswa atau pekerja dan sebagai penghubung dengan individu, industri dan sektor-sektor pendidikan lainnya untuk menjamin penyediaan program pendidikan dan pelatihan yang relevan; 
  3. Memberikan kuliah dan melakukan diskusi untuk meningkatkan 'pengetahuan dan kompetensi siswa; 
  4. Melatih dan memantau siswa dalam penggunaan alat, peralatan dan bahan-bahan dan mencegah cedera dan kerusakan; 
  5. Mengamati dan mengevaluasi pekerjaan siswa untuk menentukan kemajuan, memberikan umpan balik, dan memberi saran untuk perbaikan; 
  6. Memberikan tes lisan, tertulis atau kinerja untuk mengukur kemajuan, mengevaluasi efektivitas pelatihan dan menilai kompetensi; 
  7. Menyiapkan laporan dan memelihara catatan seperti nilai siswa, kehadiran, dan rincian kegiatan pelatihan; 
  8. Mengawasi proyek independen atau kelompok, penempatan lapangan, kerja laboratorium, atau pelatihan lain; 
  9. Menyediakan pelatihan individual dan tutorial atau perbaikan; 
  10. Melakukan sesi on-the-job training untuk mengajarkan dan menunjukkan prinsip-prinsip, teknik, prosedur, atau metode subjek yang telah dirancang.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 105. Pendidikan dan Pelatihan
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Sosial. Tipe model ini memiliki kecenderungan untuk memilih lapangan pekerjaan yang bersifat membantu orang lain. Memiliki ciri pandai berbicara, bersifat responsive, bertanggung jawab, memiliki kecakapan verbal, hubungan antarpribadi.
Nilai Pekerjaan – mengajar, memberi pelatihan pada tingkat pendidikan kejuaruan.
Keterampilan – Mengajar dan Pelatihan: memberikan pelatihan terkait keterampilan siswa sesuai bidang keahlian dan jurusannya.
Kemampuan - kognitif: pendidikan kejuaruan dan bidang studi yang diperlukan. Psikomotor: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Fisik: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Sensory: pemecahan masalah dalam studi dan kurikulum.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: mengembangkan kurikulum dan konten pendidikan. Proses Mental: melayani, merencanakan dan mengawasi. Hasil Kerja: memberikan pengajaran dan pelayanan akademik kepada peserta didik, berpartisipasi dalam penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. Interaksi dengan Orang Lain: bekerjasama dengan pengajar lain, orang tua siswa dan unsur pendukung akademik lain.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: ruang kelas dan ruang praktikum industri.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang Guru sekolah kejuruan, anda harus menempuh pendidikan minimal sarjana dengan konsentrasi program studi pendidikan kejuruan.