105.204.
302.23. Guru Sekolah Menengah
● Pendidikan: Sarjana
Diskripsi:
Guru pendidikan menengah mengajar satu atau lebih mata ajar di tingkat pendidikan menengah, tidak termasuk mata pelajaran untuk mempersiapkan siswa untuk bekerja di bidang pekerjaan tertentu.
tugas utama seorang guru sekolah menengah adalah:
Guru pendidikan menengah mengajar satu atau lebih mata ajar di tingkat pendidikan menengah, tidak termasuk mata pelajaran untuk mempersiapkan siswa untuk bekerja di bidang pekerjaan tertentu.
tugas utama seorang guru sekolah menengah adalah:
- Merancang dan mempersiapkan program pendidikan belajar sesuai dengan pedoman kurikulum.
- Menyusun dan menegakkan aturan ketertiban di antara siswa.
- Menyiapkan dan memberikan pelajaran, diskusi, dan demonstrasi satu atau lebih mata pelajaran.
- Mempersiapkan materi dan ruang kelas untuk kegiatan kelas.
- Mengamati dan mengevaluasi kinerja dan perilaku siswa.
- Mempersiapkan, mengelola dan menilai tes, tugas dan ujian untuk mengevaluasi kemajuan siswa.
- Menyiapkan laporan pekerjaan siswa dan berunding dengan guru lain dan orang tua.
- Berpartisipasi dalam pertemuan mengenai kebijakan pendidikan sekolah atau organisasi.
- Merencanakan, mengatur, dan berpartisipasi dalam kegiatan sekolah seperti kunjungan, dan acara olahraga.
Lokasi
Kerja-Ketertarikan Lokasi:
105. Pendidikan dan Pelatihan
Golongan
Jabatan: 302. Tenaga
Profesional
Tipe
Kepribadian- Sosial.
Tipe model ini memiliki kecenderungan untuk memilih lapangan pekerjaan yang
bersifat membantu orang lain. Pandai bergaul dan berbicara, bersifat
responsive, bertanggung jawab, kemanusiaan, bersifat religius, memiliki
kecakapan verbal, hubungan antarpribadi, lebih berorientasi pada perasaan.
Nilai
Pekerjaan – mengajar
dan memberikan pelatihan pada tingkat pendidikan menengah.
Keterampilan
– Mengajar:
memberikan pelatihan di lembaga pendidikan menengah.
Kemampuan
- kognitif:
ilmu pendidikan, dan bidang studi yang diperlukan. Psikomotor: tidak membutuhkan kriteria khusus. Fisik:
tidak membutuhkan kriteria khusus. Sensory: pemecahan masalah studi dan
kurikulum.
Kegiatan
Kerja Umum- Input Informasi: merancang dan memodifikasi kurikulum,
membuat makalah dan buku. Proses Mental:
melayani, merencanakan dan mengawasi. Hasil
Kerja: memberikan pengajaran dan pelayanan akademik kepada peserta didik,
berpartisipasi dalam penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. Interaksi dengan Orang Lain: bekerjasama
dengan pengajar lain, siswa dan unsur pendukung akademik lain.
Kondisi
Fisik Kerja – Indoors: sekolah dan ruang kelas dan ruang
kerja.
Pengalaman
- Membutuhkan
pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau
pengalaman bidang yang sama.
Persiapan
Kerja - lebih dari satu
tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan
– bidang keilmuan yang
sama.
Sekolah
Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi guru, anda diharuskan melanjutkan studi pada jenjang perguruan tinggi dengan mengambil program studi keguruan.