March 11, 2017

Konselor Sekolah

105.204. 302.26. Konselor Sekolah

● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 3-5 juta


Diskripsi: 
Konselor sekolah adalah Guru bimbingan dan konseling yang bertugas mempersiapkan siswa dalam memahami minat dan bakat, melakukan konseling kepada siswa untuk membantu memahami dan mengatasi masalah pribadi, sosial, perilaku yang mempengaruhi pendidikan mereka dan mempersiapkan siswa untuk jenjang pendidikan berikutnya dengan mendorong mereka mengeksplorasi kesempatan belajar dan tekun dengan tugas.

Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 105. Pendidikan dan Pelatihan
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Sosial. Tipe model ini memiliki kecenderungan untuk memilih lapangan pekerjaan yang bersifat membantu orang lain. Memiliki ciri pandai bergaul dan berbicara, bersifat responsive, bertanggung jawab, kemanusiaan, bersifat religius, memiliki kecakapan verbal, hubungan antarpribadi, lebih berorientasi pada perasaan.
Nilai Pekerjaan – membantu siswa dalam mempersiapkan bakat dan minatnya, melakukan konseling dan membantu mempersiapkan perencanaan masa depan siswa.
Keterampilan – Bimbingan dan Konseling: melakukan bimbingan dan konseling pada siswa.
Kemampuan - kognitif: bimbingan konseling dan program penjurusan siswa. Psikomotor: tidak membutuhkan kriteria khusus. Fisik: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Sensory: diagnosis dan pemecahan keputusan yang baik.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: membuat dan melaporkan perkembangan pribadi sosial dan akademik siswa . Proses Mental: melayani, merencanakan dan mengatur. Hasil Kerja: melakukan bimbingan dan konseling. Interaksi dengan Orang Lain: bekerjasama dengan orang tua wali, guru mata pelajaran lain, lembaga psikologi lain dan siswa.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: sekolah dan ruang konseling.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila anda berminat menjadi seorang konselor sekolah, anda diharuskan melanjutkan studi minimal sarjana dengan konsentrasi pada jurusan psikologi sekolah atau psikologi perkembangan anak. Anda terlebih dahulu dapat memilih sekolah SMA dengan jurusan IPA ataupun IPS, kemudian dilanjutkan pada jenjang perguruan tinggi dengan mengambil program studi Bimbingan dan Konseling ataupun Psikologi Perkembangan Anak.