March 7, 2017

Perencana kota dan Wilayah

107.202. 302.21. Perencana kota dan Wilayah
● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 5-7 juta

Deskripsi : 
Perencana tata kota dan wilayah mengembangkan, mengimplementasikan rencana dan kebijakan untuk pengendalian penggunaan lahan perkotaan dan pedesaan. Melakukan penelitian dampak faktor ekonomi, lingkungan dan sosial yang mempengaruhi penggunaan lahan dan arus lalu lintas. 

Tugas Utama Perencana Kota dan Wilayah adalah:

  1. Merencanakan tata letak dan pengembangan daerah perkotaan; 
  2. Mengumpulkan dan menganalisa data ekonomi, hukum, politik, budaya, demografis, sosiologis, fisik dan faktor lingkungan yang mempengaruhi penggunaan lahan; 
  3. Melakukan perundingan dengan pihak pemerintah yang berwenang, masyarakat dan spesialis dalam bidang-bidang tertentu seperti arsitek, perencana, ahli ilmu sosial lingkungan dan hokum; 
  4. Menyusun dan merekomendasikan penggunaan dan pengembangan tanah dan menyajikan rencana gambar dan grafik, program dan desain untuk kelompok dan individu; 
  5. Memberi saran kepada pemerintah, perusahaan dan masyarakat tentang isu-isu perencanaan kota dan regional dan proposal;
  6. Meninjau dan mengevaluasi laporan dampak lingkungan; 
  7. Merencanakan tata letak dan mengkoordinasi pengembangan daerah perkotaan; 
  8. Merencanakan dan mengembangkan lahan untuk taman, sekolah, lembaga, bandara, jalan raya dan proyek terkait, dan untuk perumahan dan industry yang bersifat komersil; 
  9. Merencanakan dan memberi saran tentang rute dan kontrol lalu lintas jalan dan sistem transportasi umum untuk efisiensi dan keselamatan.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 107. Pemerintah dan Administrasi Publik
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian-Investigatif. Orang model orientasi intelektual dalam lingkungan nyatanya selalu ditandai dengan tugas yang memerlukan berbagai kemampuan abstark, dan kreatif. Untuk dapat memecahkan masalah yang efektif dan efisien diperlukan intelejensi, imajinasi, serta kepekaan terhadap berbagai masalah yang bersifat intelektual dan fisik.
Nilai Pekerjaan – merencanakan dan mengimplementasikan perencanaan kota dan kebijakan pengendalian lahan perkotaan dan pedesaan.
Keterampilan – Teknik Tata Kota: melakukan penelitian dan memberikan saran tentang faktor ekonomi, lingkungan sosial yang berpengaruh terhadap penggunaan lahan.
Kemampuan - kognitif: tata kota dan wilayah. Psikomotor: tidak memiliki kriteria khusus.  Fisik: tidak memiliki kriteria khusus.  Sensory: tidak memiliki kriteria khusus.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: Mengirim dan menerima data hasil analisis penelitian, mengidentifikasi objects dan tindakan. Proses Mental: Memimpin, mengawasi dan mengontrol. Hasil Kerja: pengembangan dan analisis kesehatan lingkungan. Interaksi dengan Orang Lain: melakukan survei dampak lingkungan sosial budaya dan koordinasi pihak terkait.
Fisik Kerja Kondisi – Outdoors: survei lapangan, di kota-kota atau desa-desa.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi Perencana kota dan wilayah, anda dapat melanjutkan studi dengan mengambil konsentrasi pada jurusan tata kota dan pembangunan perkotaan. Anda dapat menemukan pada sekolah pembangunan atau SMK Pembangunan.