March 7, 2017

Psikolog Klinis

110.202. 302.22. Psikolog Klinis
● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 5-7 juta




Deskripsi
Psikolog klinis adalah seseorang dengan integrasi ilmu, teori dan pengetahuan klinis untuk tujuan pemahaman, mencegah, dan menghilangkan kesusahan berbasis psikologis atau disfungsi dan untuk mempromosikan subjektif dan perilaku kesejahteraan dan pengembangan pribadi. Inti prakteknya adalah penilaian psikologis dan psikoterapi, meskipun psikolog klinis juga terlibat dalam penelitian, pengajaran, konsultasi, kesaksian forensik, dan pengembangan program dan administrasi. Psikolog klinis membantu orang membuat perubahan positif untuk berpikir dan perilaku mereka. Psikolog klinis bertujuan untuk memahami pikiran dan tindakan klien sehingga dapat bekerja dengan klien untuk mengelola atau mengatasi tekanan psikologis dan meningkatkan kesejahteraan. Tugasnya antara lain: menilai orang (klien) kebutuhan melalui wawancara, tes psikometri dan pengamatan; memutuskan bentuk paling tepat pengobatan, yang bisa termasuk terapi, konseling atau saran; merencanakan program pengobatan dan bekerja dengan klien dalam kelompok atau perorangan; menulis laporan; melakukan penelitian; dan memberikan konseling dan dukungan.

Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 108. Ilmu kesehatan
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian-Investigatif. Orang model orientasi intelektual dalam lingkungan nyatanya selalu ditandai dengan tugas yang memerlukan berbagai kemampuan abstark, dan kreatif. Untuk dapat memecahkan masalah yang efektif dan efisien diperlukan intelejensi, imajinasi, serta kepekaan terhadap berbagai masalah yang bersifat intelektual dan fisik.
Nilai Pekerjaan – mencegah dan menghilangkan kecenderungan gangguan psikologis atau disfungsi perilaku kesejahteraan.
Keterampilan – Psikologis: melakukan analisis dampak tekanan psikologis dan meningkatkan kesejahteraannya.
Kemampuan - kognitif: ilmu psikologi dan konseling. Psikomotor: tidak memiliki kriteria khusus.  Fisik: tidak memiliki kriteria khusus.  Sensory: peka terhadap respon tertentu.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: Mengirim dan menerima data hasil Konseling, mengidentifikasi objects dan tindakan. Proses Mental: Memimpin, mengawasi dan mengontrol. Hasil Kerja: perencanaan pengobatan dan memberikan konseling. Interaksi dengan Orang Lain: bekerja sama dengan klien dalam membangun keyakinan positif.
Fisik Kerja Kondisi – Indoors: dalam ruang kerja.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik menjadi Psikolog klinis, setidaknya anda harus melanjutkan studi sampai sarjana dengan konsentrasi psikologi klinis. Untuk melanjutkan pada sekolah SMA, disarankan anda memilih jurusan IPA.