March 7, 2017

Psikolog Organisasi

115.202. 302.22. Psikolog Organisasi
● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 5-7 juta



Deskripsi
Psikologi organisasi (dikenal sebagai psikolog I-O, psikolog kerja, dan psikologi bisnis) adalah seorang psikolog yang mendalami studi ilmiah tentang perilaku manusia di tempat kerja dan menerapkan teori-teori psikologis dan prinsip-prinsip organisasi. Psikolog organisasi dilatih dalam model ilmuwan-praktisi. Psikolog organisasi berkontribusi terhadap kesuksesan organisasi dengan meningkatkan kinerja, kepuasan, keamanan, kesehatan dan kesejahteraan karyawan. Seorang psikolog organisasi melakukan penelitian tentang perilaku dan sikap karyawan, dan bagaimana hal ini dapat ditingkatkan melalui praktik perekrutan, pelatihan, umpan balik, dan sistem manajemen. Psikolog organisasi membantu organisasi dan karyawan transisi antara periode perubahan dan pengembangan organisasi.

Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 115. Penelitian Ilmiah, Teknik dan Matematika
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian-Investigatif. Orang model orientasi intelektual dalam lingkungan nyatanya selalu ditandai dengan tugas yang memerlukan berbagai kemampuan abstark, dan kreatif. Untuk dapat memecahkan masalah yang efektif dan efisien diperlukan intelejensi, imajinasi, serta kepekaan terhadap berbagai masalah yang bersifat intelektual dan fisik.
Nilai Pekerjaan – menerapkan nilai-nilai psikologis dalam organisasi dan meningkatkan kerja, kepuasan, kesehatan kerja karyawan.
Keterampilan – Human Resource: menjaga hubungan dengan karyawan untuk meningkatkan kinerja organisasi.
Kemampuan - kognitif: ilmu komunikasi dan human resource. Psikomotor: tidak memiliki kriteria khusus.  Fisik: tidak memiliki kriteria khusus.  Sensory: peka terhadap iklim organisasi.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: Mengirim dan menerima data hasil analisis penelitian, mengidentifikasi objects dan tindakan. Proses Mental: Memimpin, mengawasi dan mengontrol. Hasil Kerja: Menejemen hubungan sumberdaya manusia dan pengembangan karyawan. Hubungan dengan orang lain: menjalin kerjasama dengan karyawan.
Fisik Kerja Kondisi – Indoors: dalam organisasi, berhubungan langsung dengan karyawan.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi psikolog organisasi, anda dapat melanjutkan studi dengan mengambil konsentrasi pada jurusan psikologi, terutama psikologi organisasi..