March 11, 2017

Teller

106.206. 305.51. Teller

● Pendidikan: SMA
● Pendapatan Perbulan: Rp 1-3 juta


Diskripsi: 
Teller bank berurusan secara langsung dengan para klien bank atau kantor pos dalam hubungannya dengan penerimaan, penukaran dan pembayaran uang kembalian atau memberikan layanan surat. Menerima uang atau cek dari para klien; membayar uang kembalian kepada para klien; membayar rekening dan membuat transfer uang untuk atas nama pelanggan; menghitung hutang dan piutang dari rekening pelanggan; menukar uang dari satu nilai mata uang untuk nilai mata uang yang lain karena diminta oleh pelanggan; membuat catatan semua transaksi dan menerima dengan saldo uang; menerima surat, menjual perangko pos, dan mengadakan bisnis tempat pembayaran kantor pos lainnya seperti pembayaran rekening, transfer uang dan bisnis terkait; mengerjakan tugas lain yang sejenis; dan menyelia pekerja lain.

Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 106. Keuangan dan Asuransi
Golongan Jabatan: 305. Tenaga Usaha Jasa da Tenaga Penjualan
Tipe Kepribadian- Konvensional. Memiliki kecenderungan terhadap numerical (angka) yang teratur, menghindari situasi yang kabur, lingkungan nyatanya ditandai  dengan berbagai macam tugas dan pemecahan masalah memerlukan suatu proses informasi verbal dan matematis secara kontinu, rutin, konkrit, sistematis, dengan waktu yang relative singkat.
Nilai Pekerjaan – Melakukan pelayanan kepada nasabah terkait penerimaan, penukaran dan pembayaran uang.
Keterampilan – Pelayanan: melayanan nasabah terkait pelayanan bank.
Kemampuan - Kognitif: perbankan. Psikomotor: memiliki tangan yang setit dalam menghitung uang.  Fisik: memiliki penampilan menarik.  Sensory: tidak membutuhkan kriteria khusus.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: menerima dan membuat laporan kerja. Proses Mental: memantau, melayani dan mengatur. Hasil Kerja: memberikan pelayanan kepada nasabah terkait pembayaran, penyimpanan dan penarikan tabungan. Interaksi dengan Orang Lain: menjaga hubungan baik dengan nasabah dan bekerja sama dengan tenaga kerja lain.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: bank dan koperasi.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja – lebih dari tiga tahun dan kurang dari lima tahun pekerjaan.
Pengetahuan – Tidak memerlukan pengetahuan khusus.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik ingin menjadi seorang Teller, anda dapat studi pada semua bidang pendidikan apapun.