March 11, 2017

Teknik Farmasi

108.206. 303.31. Teknik Farmasi

● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 4-6 juta

Diskripsi: 
Teknisi farmasi membantu apoteker dalam tugasnya dan menyediakan layanan pelanggan yang terbaik untuk pasien; menerima resep melalui telepon, fax, internet, dan walk-ins; mengisi gerobak obat untuk pasien yang dirawat di rumah sakit; memesan persediaan, pre-packing obat-obatan; membantu pelanggan dalam rawat jalan apotek; menghitung tablet dan melakukan beberapa bentuk peracikan krim dan salep.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 108. Ilmu Kesehatan
Golongan Jabatan: 303. Tenaga Teknisi dan Asisten Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Konvensional. Memiliki kecenderungan terhadap numerical (angka) yang teratur, menghindari situasi yang kabur, lingkungan nyatanya ditandai  dengan berbagai macam tugas dan pemecahan masalah memerlukan suatu proses informasi verbal dan matematis secara kontinu, rutin, konkrit, sistematis, dengan waktu yang relative singkat.
Nilai Pekerjaan – Melakukan penelitian, membantu apoteker dalam tugasnya dan menyediakan layanan pelanggan terkait penyediaan obat-obatan.
Keterampilan – Sains: melakukan penelitian terkait pengembangan dan penciptaan obat-obatan.
Kemampuan - Kognitif: teknik kimia. Psikomotor: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Fisik: tidak memiliki kriteria khusus.  Sensory: tidak membutuhkan kriteria khusus.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: menerima dan membuat laporan hasil pengembangan. Proses Mental: merencanakan dan memantau. Hasil Kerja: melakukan kerja dalam penyediaan obat-obatan serta pengembangan obat. Interaksi dengan Orang Lain: bekerja sama dengan unit kerja terkait.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: Rumah sakit, laboratorium penelitian, ruang penyimpanan obat.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja – lebih dari satu tahun dan kurang dari tiga tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik ingin pada pekerjaan yang berkaitan dengan teknik farmasi, anda dapat melanjutkan studi sekolah dengan jurusan IPA dengan konsentrasi pada keilmuan Kimia.