Pilot dan Copilot

Pilot bertugas mengendalikan peralatan mekanis untuk mengarahkan pesawat mengangkut penumpang, surat dan barang dan melakukan tugas terkait pra-penerbangan dan dalam penerbangan.

Pengeboran Minyak dan Gas

Operator pengeboran minyak bumi dan gas bertugas menjadi: Pengawas mesin pengilangan minyak bumi dan gas alam mengoperasikan dan memonitor mesin dan menyesuaikan dan memelihara unit dan peralatan pengolahan yang menyuling, menyaring dan mengolah minyak bumi, produk minyak bumi atau gas alam.

Wartawan

Wartawan memiliki tugas untuk meneliti, menyelidiki, menginterpretasikan dan mengkomunikasikan berita dan urusan publik melalui surat kabar, televisi, radio dan media lainnya.

Psikiater

Psikiater melakukan pemeriksaan medis, menentukan diagnose, menerapkan tenik pengobatan untuk menyembuhkan dan mencegah penyakit cacat rohani.

Fisikawan

Ahli fisika (umum) melakukan penelitian dan meningkatkan atau mengembangkan konsep,teori, instrumentasi, perangkat lunak dan metode operasional yang berhubungan dengan fisika.

Arsitek

Arsitek bangunan merancang bangunan komersial, industri, institusi, bangunan tempat rekreasi dan perumahan dan merencanakan dan memantau konstruksi, melakukan pemeliharaan dan rehabilitasi.

Sutradara dan Produser

Produser dan sutradara film, pementasan, mengawasi dan mengontrol aspek teknis dan artistik dari film, televisi atau produksi radio dan pertunjukan panggung.

Dokter

Praktisi dokter umum mendiagnosa, mengobati dan mencegah penyakit, cedera, dan gangguan fisik dan mental lainnya dan menjaga kesehatan umum pada manusia melalui penerapan prinsip-prinsip dan prosedur kedokteran modern.

Perawat

Profesional keperawatan memberikan jasa pengobatan, dukungan dan perawatan bagi orang-orang yang membutuhkan perawatan akibat efek penuaan, penyakit, cedera, atau gangguan fisik atau mental lainnya, atau risiko kesehatan potensial.

Menejer Pemasaran

Manajer pemasaran merencanakan, mengatur, mengontrol dan mengkoordinir kegiatan atau proses pemasaran untuk mencapai target penjualan dan mengembangkan pasar secara efektif dan efisien.

Penyiar Radio

Penyiar di radio, televisi dan media lainnya membaca buletin berita, melakukan wawancara, dan membuat pengumuman atau perkenalan lain di radio, televisi, dan di bioskop dan perusahaan atau media lain.

Apoteker

Apoteker membuat dan memberikan obat-obatan dan preparat yang berhubungan dengan itu sesuai dengan resep atau formula.

Akuntan

Akuntan merencanakan, mengatur dan mengelola sistem akuntansi untuk individu dan perusahaan.

Programer dan Pembuat Software

Pengembang perangkat lunak meneliti, menganalisis dan mengevaluasi persyaratan untuk aplikasi perangkat lunak dan sistem operasi yang telah ada atau yang baru, dan merancang, mengembangkan, menguji dan memelihara solusi perangkat lunak untuk memenuhi persyaratan ini.

March 11, 2017

Guru Sekolah Menengah

105.204. 302.23. Guru Sekolah Menengah

● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Pertahun: Rp 2-4 juta


Diskripsi: 
Guru pendidikan menengah mengajar satu atau lebih mata ajar di tingkat pendidikan menengah, tidak termasuk mata pelajaran untuk mempersiapkan siswa untuk bekerja di bidang pekerjaan tertentu. 

tugas utama seorang guru sekolah menengah adalah:

  1. Merancang dan mempersiapkan program pendidikan belajar sesuai dengan pedoman kurikulum.
  2. Menyusun dan menegakkan aturan ketertiban di antara siswa.
  3. Menyiapkan dan memberikan pelajaran, diskusi, dan demonstrasi satu atau lebih mata pelajaran.
  4. Mempersiapkan materi dan ruang kelas untuk kegiatan kelas.
  5. Mengamati dan mengevaluasi kinerja dan perilaku siswa.
  6. Mempersiapkan, mengelola dan menilai tes, tugas dan ujian untuk mengevaluasi kemajuan siswa.
  7. Menyiapkan laporan pekerjaan siswa dan berunding dengan guru lain dan orang tua.
  8. Berpartisipasi dalam pertemuan mengenai kebijakan pendidikan sekolah atau organisasi.
  9. Merencanakan, mengatur, dan berpartisipasi dalam kegiatan sekolah seperti kunjungan, dan acara olahraga.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 105. Pendidikan dan Pelatihan
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Sosial. Tipe model ini memiliki kecenderungan untuk memilih lapangan pekerjaan yang bersifat membantu orang lain. Pandai bergaul dan berbicara, bersifat responsive, bertanggung jawab, kemanusiaan, bersifat religius, memiliki kecakapan verbal, hubungan antarpribadi, lebih berorientasi pada perasaan.
Nilai Pekerjaan – mengajar dan memberikan pelatihan pada tingkat pendidikan menengah.
Keterampilan – Mengajar: memberikan pelatihan di lembaga pendidikan menengah.
Kemampuan - kognitif: ilmu pendidikan, dan bidang studi yang diperlukan. Psikomotor: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Fisik: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Sensory: pemecahan masalah studi dan kurikulum.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: merancang dan memodifikasi kurikulum, membuat makalah dan buku. Proses Mental: melayani, merencanakan dan mengawasi. Hasil Kerja: memberikan pengajaran dan pelayanan akademik kepada peserta didik, berpartisipasi dalam penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. Interaksi dengan Orang Lain: bekerjasama dengan pengajar lain, siswa dan unsur pendukung akademik lain.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: sekolah dan ruang kelas dan ruang kerja.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi guru, anda diharuskan melanjutkan studi pada jenjang perguruan tinggi dengan mengambil program studi keguruan.

Guru Kejuruan

105.204. 302.23. Guru Kejuruan

● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 2-4 juta

Diskripsi: 
Guru pendidikan kejuruan merupakan pengajar yang memfokuskan pekerjaannya dalam mempersiapkan siswa untuk bekerja di pekerjaan spesifik atau area kerja dimana pendidikan tinggi atau universitas biasanya tidak diperlukan. 

Tugas utama guru pendidikan kejuruan adalah:

  1. Mengembangkan kurikulum dan merencanakan konten dan metode pengajaran. 
  2. Menentukan kebutuhan pelatihan mahasiswa atau pekerja dan sebagai penghubung dengan individu, industri dan sektor-sektor pendidikan lainnya untuk menjamin penyediaan program pendidikan dan pelatihan yang relevan; 
  3. Memberikan kuliah dan melakukan diskusi untuk meningkatkan 'pengetahuan dan kompetensi siswa; 
  4. Melatih dan memantau siswa dalam penggunaan alat, peralatan dan bahan-bahan dan mencegah cedera dan kerusakan; 
  5. Mengamati dan mengevaluasi pekerjaan siswa untuk menentukan kemajuan, memberikan umpan balik, dan memberi saran untuk perbaikan; 
  6. Memberikan tes lisan, tertulis atau kinerja untuk mengukur kemajuan, mengevaluasi efektivitas pelatihan dan menilai kompetensi; 
  7. Menyiapkan laporan dan memelihara catatan seperti nilai siswa, kehadiran, dan rincian kegiatan pelatihan; 
  8. Mengawasi proyek independen atau kelompok, penempatan lapangan, kerja laboratorium, atau pelatihan lain; 
  9. Menyediakan pelatihan individual dan tutorial atau perbaikan; 
  10. Melakukan sesi on-the-job training untuk mengajarkan dan menunjukkan prinsip-prinsip, teknik, prosedur, atau metode subjek yang telah dirancang.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 105. Pendidikan dan Pelatihan
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Sosial. Tipe model ini memiliki kecenderungan untuk memilih lapangan pekerjaan yang bersifat membantu orang lain. Memiliki ciri pandai berbicara, bersifat responsive, bertanggung jawab, memiliki kecakapan verbal, hubungan antarpribadi.
Nilai Pekerjaan – mengajar, memberi pelatihan pada tingkat pendidikan kejuaruan.
Keterampilan – Mengajar dan Pelatihan: memberikan pelatihan terkait keterampilan siswa sesuai bidang keahlian dan jurusannya.
Kemampuan - kognitif: pendidikan kejuaruan dan bidang studi yang diperlukan. Psikomotor: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Fisik: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Sensory: pemecahan masalah dalam studi dan kurikulum.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: mengembangkan kurikulum dan konten pendidikan. Proses Mental: melayani, merencanakan dan mengawasi. Hasil Kerja: memberikan pengajaran dan pelayanan akademik kepada peserta didik, berpartisipasi dalam penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. Interaksi dengan Orang Lain: bekerjasama dengan pengajar lain, orang tua siswa dan unsur pendukung akademik lain.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: ruang kelas dan ruang praktikum industri.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang Guru sekolah kejuruan, anda harus menempuh pendidikan minimal sarjana dengan konsentrasi program studi pendidikan kejuruan.

Guru SD

105.204. 302.23. Guru SD

● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 2-4 juta

Diskripsi: 
Guru sekolah dasar mengajarkan berbagai mata pelajaran di tingkat pendidikan dasar. 

Tugas utama seorang guru sekolah dasar adalah:

  1. Menyiapkan rencana pelajaran harian dan jangka panjang sesuai dengan pedoman kurikulum; 
  2. Melatih anak-anak secara individual dan kelompok, dengan menggunakan berbagai metode mengajar dan bahan (seperti komputer, buku, permainan), beradaptasi dengan kebutuhan anak yang berbeda-beda; 
  3. Mempertahankan disiplin dan kebiasaan baik di dalam kelas; 
  4. Merencanakan dan melaksanakan kegiatan dengan anak-anak seperti kegiatan olahraga dan wisata; 
  5. Menetapkan dan menilai kerja kelas dan pekerjaan rumah; 
  6. Mempersiapkan, memberikan, dan menilai tes dan tugas untuk mengevaluasi kemajuan anak-anak; 
  7. Mengamati dan mengevaluasi kinerja dan perilaku anak-anak; 
  8. Mengawasi anak-anak selama kelas dan pada waktu lain di hari sekolah, termasuk taman bermain saat istirahat; 
  9. Mempersiapkan dan menghadiri pertemuan orangtua untuk mendiskusikan kemajuan anak dan masalah.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 105. Pendidikan dan Pelatihan
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Sosial. Tipe model ini memiliki kecenderungan untuk memilih lapangan pekerjaan yang bersifat membantu orang lain. Memiliki ciri pandai bergaul dan berbicara, bersifat responsive, bertanggung jawab, kemanusiaan, bersifat religius, memiliki kecakapan verbal, hubungan antarpribadi, lebih berorientasi pada perasaan.
Nilai Pekerjaan – memberikan kuliah dan tutorial pada satu atau lebih pelajar dalam pelatihan dan studi yang telah ditentukan universitas atau instansi pendidikan tinggi lain.
Keterampilan – Mengajar: mengajar dan menyiapkan rencana pembelajaran di tingkat sekolah dasar.
Kemampuan - kognitif: ilmu pendidikan dasar. Psikomotor: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Fisik: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Sensory: mengamati aktifitas siswa.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: mendidik dan mengawasi kegiatan belajar siswa. Hasil Kerja: memberikan pengajaran dan pelayanan akademik kepada peserta didik, melatih dan memberikan metode belajar yang baik bagi siswa. Interaksi dengan Orang Lain: bekerjasama dengan orang tua siswa dan lembaga yang dibutuhkan.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: ruang kelas. Outdoors: mengamati langsung kegiatan luar kelas.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Jika anda tertarik untuk menjadi seorang guru sekolah dasar, minimal anda harus menempuh pendidikan pada jenjang perguruan tinggi dengan konsentrasi program studi pendidikan sekolah dasar.

Guru PAUD

105.204. 302.23. Guru PAUD

● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 2-4 juta

Diskripsi: 
Guru anak usia dini bertugas mempromosikan pengembangan sosial, fisik, dan intelektual anak-anak di bawah usia sekolah dasar melalui penyediaan pendidikan dan kegiatan bermain. 

Tugas khusus  seorang guru anak usia dini adalah:

  1. Merencanakan dan mengatur kegiatan individual dan kelompok untuk memfasilitasi pengembangan  anak.
  2. Memimpin anak-anak dalam berbagai kegiatan  bermain.
  3. Mengamati kemajuan dan mendeteksi tanda-tanda masalah yang dihadapi anak usia dini.
  4. Mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat menghambat kemajuan siswa.
  5. Mengawasi kegiatan anak-anak disekolah.


Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 105. Pendidikan dan Pelatihan
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Sosial. Tipe model ini memiliki kecenderungan untuk memilih lapangan pekerjaan yang bersifat membantu orang lain. Memiliki ciri pandai bergaul dan berbicara, bersifat responsive, bertanggung jawab, kemanusiaan, bersifat religius, memiliki kecakapan verbal, hubungan antarpribadi, lebih berorientasi pada perasaan.
Nilai Pekerjaan – memberikan kuliah dan tutorial pada satu atau lebih pelajar dalam pelatihan dan studi yang telah ditentukan universitas atau instansi pendidikan tinggi lain.
Keterampilan – Mengajar: memberikan mengembangkan sosial, kognitif anak usia dini.
Kemampuan - kognitif: ilmu perkembangan anak usia dini. Psikomotor: cekatan dan responsif.  Fisik: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Sensory: pengamatan yang baik.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: menerima dan membuat laporan perkmebangan anak. Proses Mental: melayani, merencanakan dan mengawasi. Hasil Kerja: memberikan pendidikan karakter, sosial kognitif pada anak usia dini. Interaksi dengan Orang Lain: bekerjasama dan menjaga hubungan yang baik dengan pengajar lain dan orang tua siswa.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: sekolah dan ruang kelas.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang guru Tk atau guru PAUD, anda dapat melanjutkan studi sampai jenjang pendidikan perguruan tinggi dengan mengambil konsentrasi pada pendidikan anak usia dini.

March 9, 2017

Dosen

105.204. 302.23. Dosen

● Pendidikan: Magister dan Doktor
● Pendapatan Perbulan: Rp 4-7 juta


Diskripsi: 
Dosen adalah seseorang yang memberikan perkuliahan pada jenjang pendidikan tinggi atau universitas.

Tugas utama seorang dosen adalah:

  1. Merancang dan memodifikasi kurikulum dan menyiapkan program studi sesuai dengan persyaratan. 
  2. Menyiapkan dan menyampaikan kuliah 
  3. Mengawasi pekerjaan eksperimental dan praktis yang dilakukan oleh mahasiswa. 
  4. Mengarahkan penelitian mahasiswa atau anggota lain dari departemen, seperti dosen muda dan instansi pendidikan lain. 
  5. Meneliti dan mengembangkan konsep, teori dan metode operasional untuk aplikasi dalam bidang pendidikan dan lainnya. 
  6. Mempersiapkan buku, makalah atau artikel ilmiah. 
  7. Berpartisipasi dalam pertemuan konferensi dan seminar.


Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 105. Pendidikan dan Pelatihan
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Sosial. Tipe model ini memiliki kecenderungan untuk memilih lapangan pekerjaan yang bersifat membantu orang lain. Memiliki ciri pandai bergaul dan berbicara, bersifat responsive, bertanggung jawab, kemanusiaan, bersifat religius, memiliki kecakapan verbal, hubungan antarpribadi, lebih berorientasi pada perasaan.
Nilai Pekerjaan – memberikan kuliah dan tutorial pada satu atau lebih pelajar dalam pelatihan dan studi yang telah ditentukan universitas atau instansi pendidikan tinggi lain.
Keterampilan – Mengajar dan Pelatihan: memberikan kuliah dan pelatihan di lembaga pendidikan tinggi.
Kemampuan - kognitif: ilmu pendidikan, dan bidang studi yang diperlukan. Psikomotor: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Fisik: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Sensory: pemecahan masalah dalam studi dan kurikulum.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: melakukan penelitian, membuat makalah dan buku. Proses Mental: melayani, merencanakan dan mengawasi. Hasil Kerja: memberikan pengajaran dan pelayanan akademik kepada peserta didik, berpartisipasi dalam penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. Interaksi dengan Orang Lain: bekerjasama dengan pengajar lain, mahasiswa dan unsur pendukung akademik lain.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: ruang kuliah dan ruang kerja. Outdoors: pengabdian masyarakat, penyuluhan dan pelatihan kepada masyarakat.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik ingin menjadi seorang Dosen, anda harus setidaknya melanjutkan pendidikan dengan syarat minimal adalah program pendidikan Magister atau S2.

Dokter Umum

108.204. 302.22. Dokter Umum

● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 10-20 juta



















Diskripsi: 
Dokter umum adalah dokter yang bertugas pada sebuah rumah sakit atau sebuah klinik pribadi. Dokter umum tidak membatasi praktik mereka untuk kategori penyakit tertentu atau metode pengobatan tertentu.

Secara lebih rinci, berikut adalah tugas seorang dokter umum:

  1. Melakukan pemeriksaan fisik pasien dan mewawancarai mereka dan keluarga mereka untuk menentukan status kesehatan mereka 
  2. Memerintahkan tes laboratorium, sinar-X dan prosedur diagnostik lainnya dan menganalisis temuan untuk menentukan sifat gangguan atau penyakit yang diderita pasien. 
  3. Menyediakan perawatan medis lanjutan untuk pasien termasuk meresepkan, melakukan, konseling dan pemantauan perawatan dan tindakan pencegahan.
  4. Menasihati individu, keluarga dan masyarakat tentang kesehatan, gizi dan gaya hidup yang mencegah atau mengobati penyakit yang diderita pasien.
  5. Memberikan arahan kepada pasien dan keluarga untuk perawatan khusus di rumah sakit, pusat-pusat rehabilitasi atau jenis pusat perawatan kesehatan lainnya. 
  6. Mengidentifikasi, mengelola dan menyediakan rujukan bagi pasien.
  7. Melakukan penelitian di bidang kesehatan manusia dan pelayanan medis dan menyebarluaskan temuan-temuan melalui laporan ilmiah
  8. Merencanakan dan berpartisipasi dalam program yang dirancang untuk mencegah terjadinya dan penyebaran penyakit umum.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 108. Ilmu Kesehatan
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Sosial. Tipe model ini memiliki kecenderungan untuk memilih lapangan pekerjaan yang bersifat membantu orang lain. Memiliki ciri pandai bergaul dan berbicara, bersifat responsive, bertanggung jawab, kemanusiaan, bersifat religius, memiliki kecakapan verbal, hubungan antarpribadi, lebih berorientasi pada perasaan.
Nilai Pekerjaan – mendiagnosa, mengobati dan mencegah penyakit, cedera, pada manusia, melalui tes, diagnostik dan prosedur kedokteran modern.
Keterampilan – Ilmu Kesehatan: melakukan prosedur penyembuhan melalui prinsip kedokteran modern.
Kemampuan - kognitif: ilmu kesehatan. Psikomotor: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Fisik: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Sensory: diagnosis dan pelayanan yang baik.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: menerima dan menyampaikan laporan hasil diagnosa. Proses Mental: melayani, merencanakan dan mengontrol. Hasil Kerja: membantu dan menyembuhkan penyakit pasien. Interaksi dengan Orang Lain: bekerjasama dengan dokter profesional lain, pekerja medis lain dan pasien.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: dalam rumah sakit, klinik, puskesmas. Outdoors: pengobatan masal, bakti sosial pada even tertentu.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang Dokter Umum, anda dapat melanjutkan studi ke sekolah dengan jurusan IPA dan nantinya dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi pada perguruan tinggi kedokteran.

Dokter Spesialis

108.204. 302.22. Dokter Spesialis

● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 10-20 juta

Diskripsi: 
Dokter spesialis adalah dokter khusus yang menangani penyakit atau keluhan tertentu pasien. Mereka mengkhususkan diri dalam kategori penyakit tertentu, jenis pasien atau metode pengobatan dan harus melakukan pendidikan kedokteran di bidang spesialisasi mereka. 

Dokter spesialis memiliki tugas meliputi:

  1. Melakukan pemeriksaan fisik pasien untuk menentukan status kesehatan mereka.
  2. Memerintahkan tes diagnostik khusus untuk menentukan sifat gangguan atau penyakit.
  3. Meresepkan dan memantau pasien terkait pengobatan, pemberian obat-obatan, anestesi, psikoterapi, program rehabilitasi fisik dan langkah-langkah pencegahan dan pengobatan lain. 
  4. Melakukan operasi yang bersifat umum atau khusus; 
  5. Merekam informasi kesehatan pasien dan bertukar informasi dengan profesional kesehatan lain untuk memastikan penyediaan perawatan yang komprehensif.
  6. Memberikan informasi kepada pasien dan keluarga dan masyarakat tentang langkah-langkah pencegahan, pengobatan dan perawatan untuk penyakit tertentu. 
  7. Melakukan penelitian terhadap gangguan dan penyakit manusia yang spesifik. 
  8. Merencanakan dan berpartisipasi dalam program yang dirancang untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit tertentu.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 108. Ilmu Kesehatan
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Sosial. Tipe model ini memiliki kecenderungan untuk memilih lapangan pekerjaan yang bersifat membantu orang lain. Memiliki ciri pandai bergaul dan berbicara, bersifat responsive, bertanggung jawab, kemanusiaan, bersifat religius, memiliki kecakapan verbal, hubungan antarpribadi, lebih berorientasi pada perasaan.
Nilai Pekerjaan – mendiagnosa, mengobati dan mencegah penyakit, cedera, dan gangguan fisik dan mental lainnya pada manusia melalui tes, diagnostik, teknik medis, bedah, fisik dan kejiwaan khusus.
Keterampilan – Ilmu Kesehatan, terapi, dan bedah: melakukan prosedur penyembuhan melalui berbagai metode, sesuai keahlian.
Kemampuan - kognitif: ilmu kesehatan, perawatan, dan pengobatan. Psikomotor: cekatan dan sigap.  Fisik: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Sensory: diagnosis dan penanganan yang baik.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: menerima dan menyampaikan laporan hasil diagnosa dan penangan. Proses Mental: melayani, merencanakan dan mengontrol. Hasil Kerja: membantu dan menyembuhkan penyakit melalui metode dan keahliannya. Interaksi dengan Orang Lain: bekerjasama dengan dokter profesional lain, pekerja medis lain dan pasien.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: rumah sakit, klinik, dan ruang operasi.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang Dokter Spesialis, anda dapat melanjutkan studi ke sekolah dengan jurusan IPA yang nantinya dapat dijadikan bekal untuk melanjutkan studi pada perguruan tinggi kedokteran.

Dokter Hewan

108.204. 302.22. Dokter Hewan

● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 7-10 juta

Diskripsi: 
Dokter hewan mendiagnosis, mencegah dan mengobati penyakit, cedera dan disfungsi pada hewan. Mereka memberikan perawatan kepada berbagai binatang atau mengkhususkan diri dalam pengobatan kelompok hewan tertentu atau di bidang khusus tertentu, atau memberikan jasa profesional untuk perusahaan-perusahaan komersial yang memproduksi produk biologi dan farmasi. Tugasnya meliputi: menentukan keberadaan dan sifat kondisi abnormal dengan pemeriksaan fisik, tes laboratorium dan melalui teknik pencitraan diagnostik termasuk radiografi dan ultrasound; mengobati hewan secara medis dan operasi, dan memberikan dan meresepkan obat, analgesik, dan anestesi umum dan lokal; melakukan operasi, merawat luka dan patah tulang; memberikan jasa kebidanan pada hewan; berpartisipasi dalam program yang dirancang untuk mencegah dan penyebaran penyakit hewan; inokulasi hewan, dan pengujian penyakit menular dan memberitahu pihak berwenang tentang wabah penyakit hewan menular; melakukan otopsi untuk menentukan penyebab kematian; memberi saran kepada klien tentang kesehatan, gizi dan makan, kebersihan, pemuliaan, dan perawatan hewan.

Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 108. Ilmu Kesehatan
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Sosial. Tipe model ini memiliki kecenderungan untuk memilih lapangan pekerjaan yang bersifat membantu orang lain. Memiliki ciri pandai bergaul dan berbicara, bersifat responsive, bertanggung jawab, kemanusiaan, bersifat religius, memiliki kecakapan verbal, hubungan antarpribadi, lebih berorientasi pada perasaan.
Nilai Pekerjaan – mendiagnosis, mencegah dan mengobati penyakit, disfungsi pada hewan.
Keterampilan – Ilmu Kesehata hewan: segala seseuatu yang berhubungan dengan kesehatan hewan.
Kemampuan - kognitif: ilmu kesehatan, perawatan hewan. Psikomotor: cekatan dan sigap.  Fisik: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Sensory: diagnosis dan penanganan yang baik.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: menerima dan menyampaikan laporan hasil diagnosa dan penanganan. Proses Mental: melayani, merencanakan dan mengatur. Hasil Kerja: membantu mengobati disfungsi hewan. Interaksi dengan Orang Lain: bekerjasama dengan pemilik hewan dan pekerja kesehatan hewan lain.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: klinik hewan.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang Dokter Hewan, anda dapat melanjutkan studi ke sekolah SMA dengan jurusan IPA yang nantinya dapat melanjutkan lagi pada perguruan tinggi yang menyediakan program studi kedokteran hewan.