March 7, 2017

Ahli Teknik Kimia

115.202. 302.21. Ahli Teknik Kimia
● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 5-7 juta




Deskripsi : 
Ahli teknik kimia adalah seseorang yang bertugas melakukan penelitian mengenai masalah teknik kimia dan mengembangkan serta memberi petunjuk mengenai proses perubahan zat-zat kimia dan fisika untuk keperluan produksi suatu industri seperti dalam pembuatan bahan kimia yang berasal dari minyak bumi, logam dan produk bahan makanan serta bahan sintetis. 

Tugas utamanya meliputi: 

  1. Merancang pembuatan pabrik secara tetap serta merencanakan pembangunan, penggunaan, pemeliharaan dan perbaikannya. 
  2. Melakukan kegiatan yang berkaitan dengan perubahan kimia dan fisika.
  3. Mengawasi pembuatan dan pemasangan pabrik dan memeriksa serta menguji pekerjaan yang telah selesai untuk memastikan kesesuaian rincian dan standar kemanan. 
  4. Merencanakan dan mengawasi operasi pelaksanaan produksi, pemeliharaan dan peningkatan produksi publik. 
  5. Bekerjasama dengan peneliti kimia dan spesialis dalam penerapan prosedur pengendalian kualitas bahan baku dan produknya.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 115. Penelitian Ilmiah, Teknik dan Matematika
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian-Investigatif. Orang model orientasi intelektual dalam lingkungan nyatanya selalu ditandai dengan tugas yang memerlukan berbagai kemampuan abstark, dan kreatif. Untuk dapat memecahkan masalah yang efektif dan efisien diperlukan intelejensi, imajinasi, serta kepekaan terhadap berbagai masalah yang bersifat intelektual dan fisik.
Nilai Pekerjaan – melakukan penelitian, perencanaan standarisasi kerja, uji coba laboratorium kimia. Analisis zat dan kandungan kimia.
Keterampilan – Sains: melakukan penelitian dan pengembangan yang berkaitan dengan bidang keilmuan kimia.
Kemampuan - kognitif: ilmu kimia. Psikomotor: tidak memiliki kriteria khusus.  Fisik: tidak memiliki kriteria khusus.  Sensory: tidak memiliki kriteria khusus.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: Mengirim dan menerima data hasil analisis penelitian, mengidentifikasi objects dan tindakan. Proses Mental: Memimpin, mengawasi dan mengontrol. Hasil Kerja: Pengembangan produk untuk keperluan industri kimia. Interaksi dengan Orang Lain: tidak banyak aktifitas dengan orang lain..
Kondisi Fisik Kerja - Indoors: dalam laboratorium, berpotensi terkontaminasi bahan kimia berbahaya.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang Ahli kimia, anda dapat melanjutkan studi sekolah dengan jurusan IPA dengan konsentrasi pada keilmuan Kimia.