114.205.
301.12. Manajer Pemasaran
● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 4-6 juta
Deskripsi
:
Manajer pemasaran merencanakan, mengatur, mengontrol dan mengkoordinir kegiatan atau proses pemasaran untuk mencapai target penjualan dan mengembangkan pasar secara efektif dan efisien.
Tugasnya meliputi:
Manajer pemasaran merencanakan, mengatur, mengontrol dan mengkoordinir kegiatan atau proses pemasaran untuk mencapai target penjualan dan mengembangkan pasar secara efektif dan efisien.
Tugasnya meliputi:
- Merencanakan, mengatur dan mengkoordinir kegiatan pemasaran perusahaan atau organisasi;
- Merencankan dan mengkoordinir seluruh program pemasaran berdasarakan laporan hasil penjualan atau pemasaran serta penilaian pasarnya;
- Menentukan harga jual, produk yang akan diluncurkan, jadwal kunjungan serta sistem promosi untuk memastikan tercapainya target penjualan;
- Menganalisis dan mengembangkan strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan area sesuai dengan target yang ditentukan;
- Menganalisis dan memberikan arah pengembangan design dan warna, untuk memastikan pengembangan produk sesuai dengan kebutuhan pasar;
- Melakukan evaluasi kepuasan pelanggan dari hasil survey seluruh tim penjualan untuk memastikan tercapainya target kepuasan pelanggan yang ditentukan;
- Melaporkan hasil pelaksanaan tugas sebagai pertanggungjawaban tugas dan mewakili perusahaan atau organisasi dalam negosiasi, dan pada konvensi, seminar, dengar pendapat publik dan forum.
Lokasi
Kerja-Ketertarikan Lokasi:
114. Penjualan, Layanan Retail dan Grosir
Golongan
Jabatan: 301. Pejabat
Tinggi dan Menejerial
Tipe
Kepribadian- Enterpresing.
Memiliki ciri khas diantaranya menggunakan ketrampilan-ketrampilan berbicara
untuk menguasai orang lain atau mempengaruhi orang lain, menganggap dirinya
paling kuat, jantan, mudah untuk mengadakan adaptasi dengan orang lain,
menyenangi tugas-tugas sosial yang kabur, perhatian yang besar pada kekuasaan,
status dan kepemimpinan, agresif dalam kegiatan lisan.
Nilai
Pekerjaan – merencanakan,
mengatur, mengontrol dan mengkoordinir kegiatan atau proses pemasaran untuk
mencapai target penjualan dan mengembangkan pasar secara efektif dan efisien.
Keterampilan
– Menejemen:
membuat perencanaan keuangan dan penjualan.
Kemampuan
- kognitif:
menejemen pemasaran dan publik speaking. Psikomotor:
cekatan. Fisik: berpenampilan menarik.
Sensory: memiliki visi yang
baik dan memahami kebutuhan pasar.
Kegiatan
Kerja Umum- Input Informasi: menerima dan melaporkan hasil penjualan
dan rencana penjualan. Proses Mental:
mengatur, memimpin dan merencanakan. Hasil
Kerja: mengontrol dan mengkoordinir proses pemasaran. Interaksi dengan Orang Lain: bekerjasama dengan pekerja lain dan
unit kerja terkait.
Kondisi
Fisik Kerja – Indoors: dalam ruang kerja. Menajdi kepala
menejer pemasaran.
Pengalaman
- Membutuhkan
pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau
pengalaman bidang yang sama.
Persiapan
Kerja - lebih dari dua
tahun dan kurang dari lima tahun pekerjaan.
Pengetahuan
– bidang keilmuan yang
sama.
Sekolah
Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang Menejer pemasaran, anda dapat melanjutkan studi dengan memilih konsentrasi pada keilmuan pasar dan analisis pasar. Untuk itu pertama-tama anda dapat melanjutkan pendidikan di sekolah SMA kemudian melanjutkan pada perguruan tinggi dengan program studi ekonomi bisnis dan pemasaran.