March 11, 2017

Pembuat Software Komputer

111.206. 302.25. Pembuat Software Komputer

● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 3-5 juta

Diskripsi: 
Pengembang perangkat lunak meneliti, menganalisis dan mengevaluasi persyaratan untuk aplikasi perangkat lunak dan sistem operasi yang telah ada atau yang baru, dan merancang, mengembangkan, menguji dan memelihara solusi perangkat lunak untuk memenuhi persyaratan ini. 

Tugasnya meliputi: 

  1. Meneliti, menganalisis dan mengevaluasi persyaratan untuk aplikasi perangkat lunak dan sistem operasi; 
  2. Meneliti, merancang, dan mengembangkan sistem perangkat lunak komputer; 
  3. Melakukan konsultasi dengan staf teknik untuk mengevaluasi antarmuka antara hardware dan software; 
  4. Mengembangkan dan mengarahkan pengujian perangkat lunak dan prosedur validasi; 
  5. Memodifikasi perangkat lunak yang ada untuk memperbaiki kesalahan, menyesuaikannya dengan hardware baru atau untuk meng-upgrade antarmuka dan meningkatkan kinerja; 
  6. Mengarahkan dokumentasi pemrograman dan pengembangan perangkat lunak; 
  7. Menilai, mengembangkan, meningkatkan dan mendokumentasikan prosedur pemeliharaan untuk sistem operasi, lingkungan komunikasi dan aplikasi perangkat lunak; 
  8. Melakukan konsultasi dengan pelanggan mengenai pemeliharaan sistem perangkat lunak.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 111. Teknologi Informasi
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Konvensional. Memiliki kecenderungan terhadap numerical (angka) yang teratur, menghindari situasi yang kabur, lingkungan nyatanya ditandai  dengan berbagai macam tugas dan pemecahan masalah memerlukan suatu proses informasi verbal dan matematis secara kontinu, rutin, konkrit, sistematis, dengan waktu yang relative singkat.
Nilai Pekerjaan – Merancang, mengembangkan, menguji dan memelihara perangkat lunak.
Keterampilan – Coding: membuat sebuah program perangkat lunak menggonakan bahasa pemrograman.
Kemampuan - Kognitif: coding, bahasa pemrograman. Psikomotor: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Fisik: tidak memiliki kriteria khusus.  Sensory: prediksi ekonomi pasar dan investasi.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: membuat desain sesuai tujuannya. Proses Mental: memantau, mengevaluasi dan merencanakan. Hasil Kerja: membuat desai perangkat lunak sesuai dengan tujuan memelihara dan mengevaluasi perangkat lunak yang dibuat. Interaksi dengan Orang Lain: bekerja sama dengan unit kerja terkait.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: perusaan pengembang perangkat lunak. Perusahaan game.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja – lebih dari satu tahun dan kurang dari tiga tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik ingin menjadi pembuat software komputer, anda dapat melanjutkan studi pada sekolah yang menyediakan jurusan teknik komputer..