March 11, 2017

Pengembang Web

111.206. 302.25. Pengembang Web

● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 3-5 juta


Diskripsi: 
Pengembang web meneliti, menganalisis, mengevaluasi, memprogram, dan memodifikasi situs. Tugasnya meliputi; menganalisis dan mengembangkan situs internet dengan menerapkan campuran seni dan kreativitas dengan pemrograman perangkat lunak dan bahasa script dan interaksi dengan lingkungan system operasi; melakukan komunikasi dengan spesialis jaringan tentang -isu terkait web, seperti situs keamanan dan hosting, untuk backup situs dan perencanaan pemulihan jika terjadi bencana terhadap situs tersebut; mengembangkan dan mengintegrasikan kode komputer dengan input khusus lainnya, seperti file gambar, file audio dan bahasa script, untuk menghasilkan, memelihara dan mendukung situs.

Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 111. Teknologi Informasi
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Konvensional. Memiliki kecenderungan terhadap numerical (angka) yang teratur, menghindari situasi yang kabur, lingkungan nyatanya ditandai  dengan berbagai macam tugas dan pemecahan masalah memerlukan suatu proses informasi verbal dan matematis secara kontinu, rutin, konkrit, sistematis, dengan waktu yang relative singkat.
Nilai Pekerjaan – Meneliti, menganalisis, mengevaluasi, memprogram, dan memodifikasi situs.
Keterampilan – Coding: membuat sebuah halaman web, seperti HTML, XML, Flash, Perl, CSS, PHP, JSP, ASP, dan lain-lain.
Kemampuan - Kognitif: ilmu komputer, bahasa pemrograman dan pemrograman web. Psikomotor: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Fisik: tidak memiliki kriteria khusus.  Sensory: daya ingat yang baik.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: membuat dan mendiskusikan deasin web. Proses Mental: merencanakan. Hasil Kerja: membuat web sesuai tujuan dengan desain yang tepat dan menarik. Interaksi dengan Orang Lain: bekerja sama dengan unit kerja terkait.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: ruang kerja, kantor pemasaran produk/multimedia marketing.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja – lebih dari satu tahun dan kurang dari lima tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi pengembang web, anda dapat melanjutkan studi dengan konsentrasi pada jurusan administrasi jaringan dan komputer. Anda dapat melanjutkan studi ke SMK ilmu komputer.