March 11, 2017

Pustakawan

105.206. 302.26. Pustakawan

● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 1-3 juta

Diskripsi: 
Pustakawan mengumpulkan, menyeleksi, mengembangkan, mengatur, dan menjaga koleksi perpustakaan dan repositori informasi lainnya; mengatur dan mengontrol layanan perpustakaan lainnya; memberikan informasi bagi pengguna; melayani pengunjung perpustakaan untuk meminjam atau menemukan buku, majalah, dan informasi lain di perpustakaan. Tugasnya meliputi: mengatur, mengembangkan, dan memelihara koleksi yang sistematis dari buku, majalah, dan media cetak lainnya; menyeleksi dan merekomendasikan akuisisi buku dan media cetak lainnya atau; mengatur, mengklasifikasi dan mengkatalogi bahan pustaka; mengelola perpustakaan dan fasilitas peminjaman antar perpustakaan dan jaringan informasi; melakukan penelitian dan menganalisis atau memodifikasi layanan perpustakaan dan informasi sesuai dengan perubahan kebutuhan pengguna; menyusun dan menerapkan skema dan model konseptual untuk penyimpanan, pengaturan, klasifikasi, dan pengambilan informasi; menyiapkan makalah ilmiah dan laporan; melakukan pencarian referensi melalui manual, media on-line dan interaktif, membuat peminjaman antar-perpustakaan dan melakukan fungsi lain untuk membantu pengguna dalam mengakses bahan pustaka; melayani pengunjung perpustakaan.

Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 105. Pendidikan dan Pelatihan
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Konvensional. Memiliki kecenderungan terhadap numerical (angka) yang teratur, menghindari situasi yang kabur, lingkungan nyatanya ditandai  dengan berbagai macam tugas dan pemecahan masalah memerlukan suatu proses informasi verbal dan matematis secara kontinu, rutin, konkrit, sistematis, dengan waktu yang relative singkat.
Nilai Pekerjaan – Menyeleksi, mengatur, dan menjaga koleksi perpustakaan.
Keterampilan – Adaministrasi: melakukan tugas administrasi dan pengaturan terhadap koleksi perpustakaan.
Kemampuan - Kognitif: administrasi perpustakaan. Psikomotor: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Fisik: tidak memiliki kriteria khusus.  Sensory: tidak memerlukan kriteria khusus.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: memberikan informasi terkait koleksi perpustakaan kepada pengunjung. Proses Mental: memantau, mengevaluasi dan memelihara. Hasil Kerja: mengatur dan memelihara koleksi perpustakaan, menyeleksi jenis-jenis koleksi yang akan digunakan sebagai koleksi dan melakukan pelayanan kepada pengunjung. Interaksi dengan Orang Lain: menjalin hubungan yang baik dengan pengunjung serta pekerja lain.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: Perpustakaan. Universitas, sekolah, perpustakaan pemerintah maupun swasta.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja – kurang dari satu tahun dan lebih dari 2 tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang Pustakawan, anda dapat melanjutkan studi dengan mengambil konsentrasi administrasi perkantoran atau administrasi pendidikan.