March 8, 2017

Penata Kecantikan

103.203. 303.36. Penata Kecantikan
● Pendidikan: SMK Kecantikan dan Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp >3 juta

Diskripsi: 
Perawat kecantikan memberikan perawatan kecantikan wajah dan tubuh, menerapkan kosmetik dan make-up dan memberikan perawatan lain kepada individu untuk meningkatkan penampilan. 


Tugas seorang penata kecantikan adalah:

  1. Membersihkan dan menerapkan krim, lotion dan produk terkait untuk wajah dan bagian tubuh; 
  2. Memberikan facial dan pijat tubuh; 
  3. Menerapkan make-up untuk klien dari salon kecantikan atau untuk aktor dan artis lainnya; 
  4. Membersihkan, membentuk dan memoles jari-jari dan kuku-dan mengobati penyakit ringan dari kaki manusia seperti ketimumul, kapalan atau cacat kuku kaki; 
  5. Menyiapkan bilasan klien dan melakukan pemijatan dasar; 
  6. Menggunakan teknik waxing, sugaring, dan pencabutan untuk menghilangkan rambut tubuh yang tidak diinginkan; 

Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 103. Seni dan Komunikasi
Golongan Jabatan: 303. Tenaga Teknisi dan Asisten Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Artistik. Orang model orientasi artistik ini ditandai dengan berbagai macam tugas dan masalah yang memerlukan interpretasi atau kreasi bentuk-bentuk artistik melalui cita rasa, perasaan dan imajinai. Orientasi artistic lebih menitikberatkan pada  ekspresi diri dan menghindari keadaan yang bersifat intrapersonal, keteraturan, atau keadaan yang menuntut ketrampilan fisik.
Nilai Pekerjaan – memberikan perawatan kecantikan, memberikan make up dan menata keindahan tubuh klien.
Keterampilan – Tata Rias dan Perawatan: menata kecantikan klien dan juga merawa anggota tubuh kliennya agar telihat indah.
Kemampuan - kognitif: perawatan kecantikan dan penataan make up. Psikomotor: keluwesan menggerakkan tangan.  Fisik: tidak memiliki kriteria khusus.  Sensory: tidak melikiki kriteria khusus.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: merencanakan dan membuat janji . Proses Mental: Merencanakan, melayani dan mengatur. Hasil Kerja: menciptakan keindahan tubuh melalui perawatan kecantikan. Interaksi dengan Orang Lain: bekerjasama dengan penata kecantikan lain dan klien.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: dalam ruang kecantikan atau perawatan.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - kurang dari satu tahun dan kurang dari dua tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.
Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik menjadi Penata kecantikan, anda dapat melanjutkan studi ke SMK Kecantikan atau mengikuti kursus pada lembaga kursus kecantikan di daerah anda.