March 8, 2017

Pengarang dan Penulis Kreatif

103.203. 302.26. Pengarang dan Penulis Kreatif

● Pendidikan: SMA dan Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 4-7 juta

Diskripsi: 
Pengarang dan penulis merencanakan, meneliti dan menulis buku, skrip, storyboard, drama, esai, pidato, manual, spesifikasi dan artikel non-jurnalistik (selain bahan untuk koran, majalah dan buletin lainnya) untuk publikasi atau presentasi. 


Tugas utama penulis kreatif adalah:

  1. Menyusun, menulis dan mengedit novel, drama, skrip, puisi dan bahan lain untuk publikasi atau presentasi; 
  2. Melakukan penelitian untuk menetapkan konten faktual dan untuk memperoleh informasi lain yang diperlukan; 
  3. Menulis script dan cerita bersambung dan mempersiapkan program untuk tahap produksi, film, radio dan televisi; 
  4. Menganalisis materi, seperti spesifikasi, catatan dan gambar, dan manual penulisan, panduan pengguna dan dokumen lain untuk menjelaskan secara jelas dan ringkas mengenai instalasi, operasi dan pemeliharaan perangkat lunak, peralatan elektronik, mekanis dan lainnya; 
  5. Menulis brosur, buku panduan dan publikasi teknis sejenis; 
  6. Memilih materi untuk publikasi, memeriksa gaya, tata bahasa dan ketepatan isi, melakukan revisi yang diperlukan dan mengecek salinan proof sebelum pencetakan.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 103. Seni dan Komunikasi
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian-Artistik. Orang model orientasi artistik ini ditandai dengan berbagai macam tugas dan masalah yang memerlukan interpretasi atau kreasi bentuk-bentuk artistik melalui cita rasa, perasaan dan imajinai. Orientasi artistic lebih menitikberatkan pada  ekspresi diri dan menghindari keadaan yang bersifat intrapersonal, keteraturan, atau keadaan yang menuntut ketrampilan fisik.
Nilai Pekerjaan – meneliti sebuah peristiwa yang dijadikan artikel, buku, drama, dll.
Keterampilan – Mengarang: menyusun sebuah tulisan yang dijadikan sebuah artikel.
Kemampuan - kognitif: pengetahuan mengarang dan menulis skenario. Psikomotor: tidak memerlukan kriteria khusus.  Fisik: tidak memerlukan kriteria khusus.  Sensory: peka terhadap peristiwa dan kejadian terkini.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: mengirim hasil tulisan yang akan dipublikasikan atau dijadikan sebuah naskah drama. Proses Mental: Merencanakan, menganalisis dan mengatur. Hasil Kerja: Menyajikan sebuah tulisan yang sesuai tujuan. Interaksi dengan Orang Lain: bekerjasama penulis lain dan orang terkait.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: dalam meja kerja. Outdoors: mencari inspirasi terkait pembuatan artikel.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - kurang dari satu tahun dan lebih dari satu tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi pengarang dan penulis kreatif, anda dapat melanjutkan studi dengan mengambil konsentrasi pada jurusan bahasa ataupun sastra.