March 11, 2017

Resepsionis dan Informasi

114.206. 304.42. Resepsionis dan Informasi

● Pendidikan: SMA
● Pendapatan Perbulan: Rp 1-3 juta


Diskripsi: 
Resepsionis menerima dan menyambut pengunjung, klien, atau tamu dan menanggapi pertanyaan dan permintaan termasuk mengatur janji. 

Tugasnya meliputi:

  1. Menerima dan menyambut pengunjung, tamu atau klien; 
  2. Membuat janji untuk klien; 
  3. Menangani permintaan telepon untuk informasi atau janji; 
  4. Mengarahkan klien ke lokasi atau orang yang tepat; 
  5. Menyediakan pamflet, brosur atau formulir informasi.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 114. Penjualan, Layanan Retail dan Grosir
Golongan Jabatan: 304. Tenaga Tata Usaha
Tipe Kepribadian- Konvensional. Memiliki kecenderungan terhadap numerical (angka) yang teratur, menghindari situasi yang kabur, lingkungan nyatanya ditandai  dengan berbagai macam tugas dan pemecahan masalah memerlukan suatu proses informasi verbal dan matematis secara kontinu, rutin, konkrit, sistematis, dengan waktu yang relative singkat.
Nilai Pekerjaan – Menerima dan menyambut pengunjung, klien, atau tamu dan menanggapi pertanyaan dan permintaan termasuk mengatur janji.
Keterampilan – Pelayanan: malayani pengunjung dan memberikan informasi terkait.
Kemampuan - Kognitif: pengetahuan tentang perusahaan tempat bekerja dan pelayanan yang diberikan. Psikomotor: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Fisik: memiliki penampilan yang menarik.  Sensory: tidak membutuhkan kriteria khusus.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: memberikan informasi terkait pelayanan yang diberikan. Proses Mental: mengarahkan dan melayani. Hasil Kerja: menerima dan menyambut pengunjung serta memberikan informasi terkait pelayanan yang diberikan. Interaksi dengan Orang Lain: menjaga hubungan baik dengan tamu dan bekerja sama dengan unit kerja terkait.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: Hotel, plaza, stand pengunjung dan pusat layanan informasi.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja – kurang dari satu tahun dan lebih dari satu tahun pekerjaan.
Pengetahuan – tidak memerlukan pengetahuan khusus.

Sekolah Lanjutan Untuk menjadi resepsionis dan penerima tamu tidak diperlukan pendidikan khusus, akan tetapi apabila anda tertarik ingin menjadi resepsionis, anda dapat melanjutkan studi pada SMK Pariwisata atau SMK Perhotelan.