March 11, 2017

Sekretaris dan Asisten Administrasi

104.206. 303.34. Sekretaris dan Asisten Administrasi

● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 3-5 juta

Diskripsi: 
Sekretaris menggunakan mesin ketik, komputer pribadi atau peralatan pengolah kata lainnya untuk membuat surat dan dokumen lainnya, memeriksa dan format dokumen yang disiapkan oleh staf lain, menangani surat masuk dan keluar, menyaring permintaan pertemuan atau janji, dan melakukan berbagai tugas-tugas penunjang administratif. Tugasnya memeriksa, memformat dan menyalin surat-menyurat, memeriksa dan membuat laporan dari dikte, dokumen elektronik atau draft yang ditulis untuk memenuhi standar kantor, menggunakan mesin tik, komputer atau peralatan pengolah kata lainnya; menggunakan berbagai paket perangkat lunak komputer, termasuk spreadsheet, untuk menyediakan dukungan administratif; menangani email masuk atau keluar, memindai, mencatat dan mendistribusikan surat, korespondensi dan dokumen; menyaring permintaan pertemuan atau janji dan membantu mengatur pertemuan, menyaring dan mencatat cuti dan hak-hak staf- lainnya; mengorganisir dan mengawasi system pengarsipan; menangani korespondensi rutin atas inisiatif sendiri.

Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 104. Bisnis dan Administrasi
Golongan Jabatan: 303. Tenaga Teknisi dan Asisten Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Konvensional. Memiliki kecenderungan terhadap numerical (angka) yang teratur, menghindari situasi yang kabur, lingkungan nyatanya ditandai  dengan berbagai macam tugas dan pemecahan masalah memerlukan suatu proses informasi verbal dan matematis secara kontinu, rutin, konkrit, sistematis, dengan waktu yang relative singkat.
Nilai Pekerjaan – membuat surat dan dokumen, memeriksa dokumen yang disiapkan oleh staf lain, menangani surat masuk dan keluar, menyaring permintaan pertemuan atau janji, dan melakukan berbagai tugas-tugas penunjang administratif.
Keterampilan – Administrasi: melakukan kegiatan administrasi terkait tugas-tugas dalam menejeman perkantoran.
Kemampuan - Kognitif: administrasi perkenatoran dan sekertaris. Psikomotor: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Fisik: memiliki penampilan menarik.  Sensory: tidak membutuhkan kriteria khusus.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: membuat laporan kerja kepada atasan, menerima informasi dari karyawan lain terkait dokumentasi perusahaan/organisasi. Proses Mental: memantau, mengevaluasi dan merencanakan. Hasil Kerja: memeriksa beberapa dokumen terkait dan melakukan tugas administratif, membuat janji dan mengatur pertemuan yang dilakukan pimpinan. Interaksi dengan Orang Lain: menjaga hubungan baik dengan karyawan lain dan bekerja sama dengan unit kerja terkait.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: perusahaan, organisasi atau lembaga lain.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja – lebih dari satu tahun dan kurang dari tiga tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik ingin menjadi seorang sekertaris, anda dapat melanjutkan studi pada sekolah atau SMK yang membuka jurusan sekertaris atau sebagai alternatif anda bisa memilih jurusan administrasi.