March 11, 2017

Sistem Manajemen Komputer dan Informasi

111.206. 302.25. Sistem Manajemen Komputer dan Informasi

● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 2-4 juta


Diskripsi: 
Sistem menejemen komputer dan informasi juga bisa disebut dengan administrator database komputer yang fungsinya melakukan implementasi terhadap database dan melakukan realisasi database secara fisik. Tugasnya meliputi: mengontrol keamanan dan integritas database; mendesain, implementasi, pemeliharaan dan perbaikan database; mengembangkan dan mendesain strategi database, pemantauan, dan meningkatkan kinerja dan kapasitas database; merencanakan, mengkoordinasi, dan melaksanakan langkah-langkah keamanan untuk menjaga database; melakukan pemasangan perangkat lunak baru; menjaga server up setiap saat dan untuk memberikan pengguna dengan akses ke informasi yang diperlukan ketika mereka membutuhkannya; memastikan bahwa database dilindungi dan bahwa setiap kemungkinan kehilangan data diminimalkan; mengkonfigurasikan hardware dan software; mengevaluasi perangkat keras (hardware) database server.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 111. Teknologi Informasi
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Konvensional. Memiliki kecenderungan terhadap numerical (angka) yang teratur, menghindari situasi yang kabur, lingkungan nyatanya ditandai  dengan berbagai macam tugas dan pemecahan masalah memerlukan suatu proses informasi verbal dan matematis secara kontinu, rutin, konkrit, sistematis, dengan waktu yang relative singkat.
Nilai Pekerjaan – Mengontrol, mantau, dan keamanan database, mendesain, melakukan pemeliharaan dan perbaikan database, mengembangkan dan mendesain database, meningkatkan kinerja dan kapasitas database.
Keterampilan – Menejemen Informatika: melakukan menejemen dan pemeliharaan database.
Kemampuan - Kognitif: ilmu informatika, menejemen database. Psikomotor: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Fisik: tidak memiliki kriteria khusus.  Sensory: tidak memerlukan kriteria khusus.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: menerima dan membuat menejemen informatika. Proses Mental: memantau, mengevaluasi dan merencanakan. Hasil Kerja: memantau dan mengontrol, meningkatkan dan merencanakan menejemen informatika dan database. Interaksi dengan Orang Lain: bekerja sama dengan unit kerja terkait.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: pusat pengembangan informatika, perusahaan penyedia jasa informatika terkait database komputer.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja – lebih dari satu tahun dan kurang dari tiga tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik ingin bekerja pada bidang sistem menejemen komputer, anda dapat melanjutkan studi pada sekolah dengan jurusan manajemen informatika.