Pilot dan Copilot

Pilot bertugas mengendalikan peralatan mekanis untuk mengarahkan pesawat mengangkut penumpang, surat dan barang dan melakukan tugas terkait pra-penerbangan dan dalam penerbangan.

Pengeboran Minyak dan Gas

Operator pengeboran minyak bumi dan gas bertugas menjadi: Pengawas mesin pengilangan minyak bumi dan gas alam mengoperasikan dan memonitor mesin dan menyesuaikan dan memelihara unit dan peralatan pengolahan yang menyuling, menyaring dan mengolah minyak bumi, produk minyak bumi atau gas alam.

Wartawan

Wartawan memiliki tugas untuk meneliti, menyelidiki, menginterpretasikan dan mengkomunikasikan berita dan urusan publik melalui surat kabar, televisi, radio dan media lainnya.

Psikiater

Psikiater melakukan pemeriksaan medis, menentukan diagnose, menerapkan tenik pengobatan untuk menyembuhkan dan mencegah penyakit cacat rohani.

Fisikawan

Ahli fisika (umum) melakukan penelitian dan meningkatkan atau mengembangkan konsep,teori, instrumentasi, perangkat lunak dan metode operasional yang berhubungan dengan fisika.

Arsitek

Arsitek bangunan merancang bangunan komersial, industri, institusi, bangunan tempat rekreasi dan perumahan dan merencanakan dan memantau konstruksi, melakukan pemeliharaan dan rehabilitasi.

Sutradara dan Produser

Produser dan sutradara film, pementasan, mengawasi dan mengontrol aspek teknis dan artistik dari film, televisi atau produksi radio dan pertunjukan panggung.

Dokter

Praktisi dokter umum mendiagnosa, mengobati dan mencegah penyakit, cedera, dan gangguan fisik dan mental lainnya dan menjaga kesehatan umum pada manusia melalui penerapan prinsip-prinsip dan prosedur kedokteran modern.

Perawat

Profesional keperawatan memberikan jasa pengobatan, dukungan dan perawatan bagi orang-orang yang membutuhkan perawatan akibat efek penuaan, penyakit, cedera, atau gangguan fisik atau mental lainnya, atau risiko kesehatan potensial.

Menejer Pemasaran

Manajer pemasaran merencanakan, mengatur, mengontrol dan mengkoordinir kegiatan atau proses pemasaran untuk mencapai target penjualan dan mengembangkan pasar secara efektif dan efisien.

Penyiar Radio

Penyiar di radio, televisi dan media lainnya membaca buletin berita, melakukan wawancara, dan membuat pengumuman atau perkenalan lain di radio, televisi, dan di bioskop dan perusahaan atau media lain.

Apoteker

Apoteker membuat dan memberikan obat-obatan dan preparat yang berhubungan dengan itu sesuai dengan resep atau formula.

Akuntan

Akuntan merencanakan, mengatur dan mengelola sistem akuntansi untuk individu dan perusahaan.

Programer dan Pembuat Software

Pengembang perangkat lunak meneliti, menganalisis dan mengevaluasi persyaratan untuk aplikasi perangkat lunak dan sistem operasi yang telah ada atau yang baru, dan merancang, mengembangkan, menguji dan memelihara solusi perangkat lunak untuk memenuhi persyaratan ini.

March 11, 2017

Analis Keuangan

106.206. 303.34. Analis Keuangan

● Pendidikan: Sarjana dan Magister
● Pendapatan Perbulan: Rp 4-6 juta


Diskripsi: Analis keuangan adalah seseorang yang bertugas melakukan analisis kuantitatif informasi yang mempengaruhi program investasi lembaga publik atau swasta. 

Analis keuangan memiliki tugas seperti: 

  1. Menganalisis informasi keuangan untuk menghasilkan perkiraan kondisi bisnis, industri, dan ekonomi untuk digunakan dalam pembuatan keputusan investasi. 
  2. Menafsirkan data yang mempengaruhi program investasi, seperti harga, pengembalian, stabilitas, tren masa depan dalam resiko investasi, dan pengaruh ekonomi.
  3. Memantau perkembangan ekonomi, industri, dan perusahaan melalui analisis informasi yang diperoleh dari publikasi keuangan dan jasa, perusahaan investasi perbankan, instansi pemerintah, publikasi perdagangan, dan sumber-sumber perusahaan.
  4. Merekomendasikan investasi dan waktu investasi untuk perusahaan, staf perusahaan investasi, atau investor publik.
  5. Menyusun rencana investasi berdasarkan analisis keuangan.


Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 106. Keuangan dan Asuransi
Golongan Jabatan: 303. Tenaga Teknisi dan Asisten Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Konvensional. Memiliki kecenderungan terhadap numerical (angka) yang teratur, menghindari situasi yang kabur, lingkungan nyatanya ditandai  dengan berbagai macam tugas dan pemecahan masalah memerlukan suatu proses informasi verbal dan matematis secara kontinu, rutin, konkrit, sistematis, dengan waktu yang relative singkat.
Nilai Pekerjaan – Melakukan analisis kuantitatif informasi yang mempengaruhi program investasi lembaga publik atau swasta.
Keterampilan – Analisis: melakukan analisis keuangan serta memantau perkembangan ekonomi yang mempengaruhi nilai investasi.
Kemampuan - Kognitif: ekonomi bisnis dan investasi. Psikomotor: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Fisik: tidak memiliki kriteria khusus.  Sensory: prediksi ekonomi pasar dan investasi.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: menerima dan membuat laporan hasil analisis perkembangan ekonomi. Proses Mental: memantau, mengevaluasi dan merencanakan. Hasil Kerja: memantau dan memberikan masukan terhadap perkembangan ekonomi melalui analisis informasi investasi dan perkembangan saham nasional maupun global. Interaksi dengan Orang Lain: bekerja sama dengan unit kerja terkait.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: Bursa saham, lembaga keuangan.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja – lebih dari tiga tahun dan kurang dari lima tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang Analis keuangan, anda dapat melanjutkan studi ke sekolah dengan jurusan IPS dengan konsentrasi pada keilmuan Ekonomi.

Akuntan dan Auditor

104.206. 302.24. Akuntan dan Auditor

● Pendidikan: Sarjana dan Magister
● Pendapatan Perbulan: Rp 4-6 juta


Diskripsi: Pekerjaan seorang Akuntan adalah merencanakan, mengatur dan mengelola sistem akuntansi untuk individu dan perusahaan untuk menjamin akurasi dan kepatuhan terhadap standar dan prosedur akuntansi yang telah ditetapkan. 

Tugas umum seorang akuntan adalah:

  1. Memberikan saran tentang perencanaan dan penyusunan anggaran, kontrol akun dan kebijakan sistem akun lainnya.
  2. Menyiapkan dan mensertifikasi laporan keuangan untuk presentasi kepada manajemen, pemegang saham dan lembaga hukum atau lainnya.
  3. Menyiapkan pengembalian pajak dan memberi saran tentang perpajakan.
  4. Mempersiapkan atau melaporkan perkiraan laba dan anggaran. 
  5. Melakukan investigasi keuangan seperti kecurigaan, penipuan dan kebangkrutan.
  6. Mengaudit rekening dan catatan pembukuan.
  7. Melakukan investigasi dan memberikan saran manajemen tentang aspek keuangan dari produktivitas, stockholdings, penjualan, produk baru, dll.
  8. Merancang dan mengendalikan sistem untuk menentukan biaya produk dan jasa.


Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 104. Bisni dan Administrasi
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Konvensional. Memiliki kecenderungan terhadap kegiatan numerical (angka) yang teratur, menghindari situasi yang kaburlingkungan nyatanya ditandai  dengan berbagai macam tugas dan pemecahan masalah memerlukan suatu proses informasi verbal dan matematis secara kontinu, rutin, konkrit, sistematis, dengan waktu yang relative singkat.
Nilai Pekerjaan – Merencanakan, mengatur dan mengelola sistem akuntansi.
Keterampilan – Analisis: mempersiapkan dan lemalporkan analisis perencanaan dan penyusunan kebijakan akutansi.
Kemampuan - Kognitif: analisis keuangan. Psikomotor: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Fisik: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Sensory: analisa yang baik.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: menerima dan melaporkan data keuangan. Proses Mental: mengontrol, mengatur dan merencanakan. Hasil Kerja: mengawasi, memeriksa dan perencanaan terkait kebijakan anggaran dan keuangan perusahaan atau organisasi. Interaksi dengan Orang Lain: bekerja sama dengan unit kerja terkait.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: dalam ruang kerja. Berhubungan dengan pengelolaan dan analisis anggaran keuangan.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja – lebih dari satu tahun dan kurang dari tiga tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila anda berminat untuk menjadi seorang Akuntan, kami sarankan untuk melanjutkan studi ke sekolah yang menawarkan program studi akutansi seperti SMEA atau SMA yang memiliki program studi IPS.

Administrator Jaringan dan Sistem Komputer

111.206. 302.25. Administrator Jaringan dan Sistem Komputer

● Pendidikan: Sarjana dan Magister
● Pendapatan Perbulan: Rp 2-4 juta



Diskripsi: 
Pekerja Administrator Jaringan dan Sistem Komputer adalah bertugas mengembangkan, mengontrol, memelihara dan mendukung kinerja dan keamanan optimal dari sistem teknologi informasi. 

Tugas utama administrator jaringan dan sistem komputer secara rinci yaitu:

  1. Memelihara dan mengelola jaringan komputer dan lingkungan komputasi terkait, termasuk perangkat keras komputer, perangkat lunak sistem, perangkat lunak aplikasi dan semua konfigurasi.
  2. Merekomendasikan perubahan untuk meningkatkan sistem dan konfigurasi jaringan, dan menentukan persyaratan perangkat keras atau perangkat lunak terkait dengan perubahan tersebut. 
  3. Mendiagnosa masalah perangkat keras dan perangkat lunak.
  4. Melakukan backup data dan kegiatan pemulihan bencana. 
  5. Menjalankan konsol utama untuk memonitor kinerja sistem dan jaringan komputer, dan untuk mengkoordinasikan akses dan penggunaan jaringan komputer.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 111. Teknologi Informasi
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Konvensional. Memiliki kecenderungan terhadap kegiatan verbal, menyenangi bahasa yang tersusun baik, numerical (angka) yang teratur, menghindari situasi yang kabur, senang mengabdi, lingkungan nyatanya ditandai  dengan berbagai macam tugas dan pemecahan masalah memerlukan suatu proses informasi verbal dan matematis secara kontinu, rutin, konkrit, sistematis, dengan waktu yang relative singkat.
Nilai Pekerjaan – Mengembangkan, mengontrol, memelihara dan mendukung kinerja dan keamanan sistem teknologi informasi.
Keterampilan – Sistem Informatika: membuat dan mengontrol jaringan dan sistem informatika.
Kemampuan - Kognitif: Sistem jaringan komputer. Psikomotor: jari yang gesit.  Fisik: tidak memiliki kriteria khusus.  Sensory: tidak membutuhkan kriteria khusus.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: menerima dan melaporkan gangguan jaringan dan sistem pada komputer. Proses Mental: mengontrol, mengatur dan merencanakan. Hasil Kerja: mengawasi, memeriksa gangguan serta merencanakan keamanan jaringan dan sistem komputer. Interaksi dengan Orang Lain: bekerja sama dengan unit kerja terkait.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: dalam ruang kerja. Berhubungan dengan keamanan jaringan komputer.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja – lebih dari satu tahun dan kurang dari tiga tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang administrator jaringan, anda dapat melanjutkan studi pada sekolah SMK dengan jurusan ilmu komputer.

Administrasi Hukum Hakim (Panitera)

112.206. 303.36. Administrasi Hukum Hakim (Panitera)

● Pendidikan: Sarjana dan Magister
● Pendapatan Perbulan: Rp 4-6 juta


Diskripsi: 
Panitera pengadilan adalah pejabat pengadilan yang memiliki tugas-tugas administrasi di pengadilan hukum, seperti membantu hakim dalam membuat berita acara pemeriksaan dalam proses persidangan.

Secara terperinci Panitera Pengadilan memiliki tugas:

  1. Menyiapkan dan mengeluarkan perintah pengadilan, seperti perintah percobaan, rilis dokumentasi, informasi, atau surat panggilan.
  2. Menyiapkan berkas perkara pengadilan. 
  3. Mencatat segala sesuatu terkait proses pengadilan.
  4. Menyiapkan dokumen rekaman hasil proses pengadilan
  5. Memeriksa dokumen hukum untuk diserahkan ke pengadilan, dan
  6. Melakukan tugas-tugas administratif di Pengadilan.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 112. Hukum dan Keamanan Publik
Golongan Jabatan: 303. Tenaga Teknisi dan Asisten Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Konvensional. Memiliki kecenderungan terhadap kegiatan verbal, menyenangi bahasa yang tersusun baik, menghindari situasi yang kabur, senang mengabdi, lingkungan nyatanya ditandai  dengan berbagai macam tugas dan pemecahan masalah memerlukan suatu proses informasi verbal dan matematis secara kontinu, rutin, konkrit, sistematis, dan dengan waktu yang relative singkat.
Nilai Pekerjaan – Melakukan tugas-tugas administrasi di pengadilan hukum.
Keterampilan – Administrasi: Menyiapkan surat perintah pengadilan, surat panggilan, dokumentasi sidang perkara pengadilan dan menyiapkan berkas perkara.
Kemampuan - Kognitif: ilmu dan andministrasi hukum. Psikomotor: tidak memerlukan kriteria khusus.  Fisik: tidak memiliki kriteria khusus.  Sensory: tidak membutuhkan kriteria khusus.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: membuat dan melaporkan hasil sidang . Proses Mental: menganalisis dan bertanggung jawab atas administrasi peradilan. Hasil Kerja: mendampingi hakim dan jaksa dalam menyiapkan dan mencatat administrasi peradilan. Interaksi dengan Orang Lain: bekerja sama dengan unit kerja terkait.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: dalam ruang kerja. Bersinggungan dengan dokumen peradilan.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja – lebih dari satu tahun dan kurang dari tiga tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Seluruh SMA di Kabupaten Klaten.

Penyiar Radio dan Televisi

103.205. 303.35. Penyiar Radio dan Televisi

● Pendidikan: SMA dan Sekolah Penyiaran dan Broadcaster
● Pendapatan Perbulan: Rp 3-5 juta

Deskripsi : 
Penyiar di radio, televisi dan media lainnya membaca buletin berita, melakukan wawancara, dan membuat pengumuman atau perkenalan lain di radio, televisi, dan di bioskop dan perusahaan atau media lain. 

Tugas meliputi: 

  1. Membaca buletin berita dan membuat pengumuman lainnya di radio atau televisi; 
  2. Memperkenalkan seniman yang tampil atau orang-orang yang diwawancarai, dan membuat pengumuman terkait di radio, televisi, atau di bioskop, klub malam dan tempat lainnya; 
  3. Mewawancara orang di depan umum, terutama di radio dan televisi; 
  4. Mempelajari informasi latar belakang dalam rangka untuk mempersiapkan program atau wawancara;
  5. Mengomentari musik dan hal-hal lain, seperti cuaca atau kondisi lalu lintas.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 103. Seni dan Komunikasi
Golongan Jabatan: 303. Tenaga Teknisi dan Asisten Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Enterpresing. Memiliki ketrampilan-ketrampilan berbicara untuk mempengaruhi orang lain, mudah beradaptasi dengan orang lain, menyenangi tugas-tugas sosial yang kabur, dan agresif dalam kegiatan lisan.
Nilai Pekerjaan – membaca buletin berita, melakukan wawancara, dan menjadi membawakan acara di radio, televisi, dan perusahaan atau media lain.
Keterampilan – Publik speaking: mampu membawakan acara televisi dan radio dengan baik.
Kemampuan - kognitif: memiliki wawasan luas, terutama dalam membawakan sebuah acara dan penyiaran. Psikomotor: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Fisik: memiliki penampilan yang menarik.  Sensory: peka, teliti dan jeli.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: menerima dan membuat program/tema yang akan diangkat dalam sebuah acara penyiaran. Proses Mental: mengatur, memimpin dan merencanakan. Hasil Kerja: menyampaikan pesan dan meneruskan dari tema penyiaran yang dibuat kepada pendengar atau penonton. Interaksi dengan Orang Lain: bekerjasama dengan kru penyiaran lain, penonton/pendengar dan bintang tamu/nara sumber.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: dalam ruang penyiaran. Studio penyiaran. Stasiun televisi dan Stasiun radio atau tempat penyiaran lain.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari tiga tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Untuk menjadi seorang penyiar radio, anda perlu belajar mengenai dunia penyiaran yang bisa ditemukan pada sekolah yang menyediakan kegiatan ekstrakulikuleh serupa. Selain itu anda dapat memilih jurusan penyiaran atau broadcasting ketika mengambil pendidikan di perguruan tinggi.

Pengacara

112.205. 302.26. Pengacara

● Pendidikan: Sarjana, Magister, Doktor dan Pendidikan Profesi
● Pendapatan Perbulan: Rp 7-10 juta


Deskripsi : 
Pengacara adalah seseorang yang memberikan nasihat (advis) dan pembelaan “mewakili” bagi orang lain (klien) yang sedang menyelesaikan suatu kasus hukum.
Pengacara memiliki tugas memberikan saran kepada klien tentang hukum pada berbagai bidang, menyusun dokumen hukum, mewakili klien sebelum administrasi atau pengadilan, dan membela kasus atau melakukan penuntutan di pengadilan. 


Secara Lebih Rinci tugas Pengacara meliputi: 

  1. Memberikan saran kepada klien mengenai hukum pada berbagai bidang. 
  2. Meneliti prinsip-prinsip hukum, ketetapan dan keputusan pengadilan sebelumnya yang berhubungan dengan kasus-kasus tertentu.
  3. Mengumpulkan bukti untuk merumuskan pembelaan atau memulai tindakan hukum.
  4. Mengevaluasi temuan dan mengembangkan strategi dan argumen dalam persiapan untuk presentasi kasus.
  5. Melakukan negosiasi penyelesaian dalam hal-hal yang melibatkan sengketa hukum.
  6. Menyusun peraturan perundang-undangan dan menyiapkan peraturan pemerintah berdasarkan hukum yang ada.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 112. Hukum dan Keamanan Publik
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Enterpresing. Memiliki ketrampilan-ketrampilan berbicara untuk menguasai orang lain atau mempengaruhi orang lain, menganggap dirinya paling kuat, mudah beradaptasi dengan orang lain, menyenangi tugas-tugas sosial yang kabur, perhatian yang besar pada kekuasaan, status dan kepemimpinan, agresif dalam kegiatan lisan.
Nilai Pekerjaan – mendampingi dan mewakili klien sebelum dan saat proses pengadilan serta melakukan penuntutan di pengadilan,
Keterampilan – Berbicara: mendampingi klien dalam membela haknya dalam pengadilan.
Kemampuan - kognitif: ilmu hukum. Psikomotor: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Fisik: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Sensory: memiliki visi yang baik.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: menerima dan menganalisis laporan kasus dan persidangan. Proses Mental: mengatur, mendampingi dan merencanakan. Hasil Kerja: mendampingi klien dalam proses persidangan serta memberikan pembelaan. Interaksi dengan Orang Lain: bekerjasama dengan klien dan unit kerja lain.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: kantor kerja, notaris. Gedung pengadilan.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari tiga tahun dan kurang dari lima tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang pengacara, anda dapat melanjutkan studi dengan jurusan ilmu hukum yang berkonsentrasi pada profesi pengacara.

Manajer Sumber Daya Manusia

104.205. 301.14. Manajer Sumber Daya Manusia

● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 4-6 juta


Deskripsi : 
Manajer sumber daya manusia merencanakan, mengarahkan dan mengkoordinasikan kebijakan tentang personalia, hubungan industrial, kesehatan dan keselamatan kerja suatu perusahaan atau organisasi. 

Tugas utama manajer sumber daya manusia adalah:

  1. Merencanakan, mengarahkan dan mengkoordinasikan kegiatan personalia dan hubungan industrial, kebijakan dan kegiatan perusahaan atau organisasi; 
  2. Merencanakan dan mengatur prosedur untuk perekrutan, pelatihan, promosi, pemindahan dan pemberhentian staf; 
  3. Merencanakan dan mengatur negosiasi dan prosedur untuk penentuan struktur dan tingkat upah dan untuk konsultasi dengan pekerja tentang kondisi kerja; 
  4. Mengawasi program dan kegiatan yang terkait dengan keselamatan dan kesehatan kerja; 
  5. Menyusun dan mengelola anggaran, mengontrol pengeluaran dan memastikan efisiensi penggunaan sumber daya; 
  6. Menetapkan dan mengarahkan prosedur operasional dan administrasi; 
  7. Mengawasi pengembangan dan implementasi sistem informasi manajemen; 
  8. Menjamin kepatuhan dengan standar dan perundang-undangan terkait hak-hak, kesehatan dan keselamatan, kesempatan yang sama dan hal-hal yang terkait dengan pekerja; 
  9. Mengawasi seleksi, pelatihan dan kinerja staf untuk keseluruhan perusahaan atau organisasi; 
  10. Melakukan konsultasi dengan manajer senior dan manajer departemen lain; 
  11. Mewakili perusahaan atau organisasi dalam urusan dengan pihak luar.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 104. Bisnis dan Administrasi
Golongan Jabatan: 301. Pejabat Tinggi dan Menejerial
Tipe Kepribadian- Enterpresing. Memiliki ketrampilan-ketrampilan berbicara untuk menguasai orang lain atau mempengaruhi orang lain, menganggap dirinya paling kuat, mudah beradaptasi dengan orang lain, menyenangi tugas-tugas sosial yang kabur, perhatian yang besar pada kekuasaan, status dan kepemimpinan, agresif dalam kegiatan lisan.
Nilai Pekerjaan – merencanakan dan mengkoordinasikan kebijakan personalia perusahaan.
Keterampilan – Menejemen: Mengatur kebijakan personalia.
Kemampuan - kognitif: menejemen personalia. Psikomotor: cekatan.  Fisik: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Sensory: memiliki visi yang baik.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: menerima dan membuat kebijakan personalia. Proses Mental: mengatur, memimpin dan merencanakan. Hasil Kerja: merencanakan, mengawasi, menyususn kebijakan personalia. Interaksi dengan Orang Lain: bekerjasama dengan unit kerja lain dan karyawan.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: dalam ruang kerja dan perusahaan/organisasi.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - Lebih dari dua tahun dan kurang dari lima tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi menejer sumber daya manusia, dapat memilih sekolah lanjutan dengan jurusan IPS dengan konsentrasi pada Psikologi ataupun Menejemen. 

Manajer Pemasaran

114.205. 301.12. Manajer Pemasaran

● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 4-6 juta

Deskripsi : 
Manajer pemasaran merencanakan, mengatur, mengontrol dan mengkoordinir kegiatan atau proses pemasaran untuk mencapai target penjualan dan mengembangkan pasar secara efektif dan efisien. 

Tugasnya meliputi: 

  1. Merencanakan, mengatur dan mengkoordinir kegiatan pemasaran perusahaan atau organisasi; 
  2. Merencankan dan mengkoordinir seluruh program pemasaran berdasarakan laporan hasil penjualan atau pemasaran serta penilaian pasarnya; 
  3. Menentukan harga jual, produk yang akan diluncurkan, jadwal kunjungan serta sistem promosi untuk memastikan tercapainya target penjualan; 
  4. Menganalisis dan mengembangkan strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan area sesuai dengan target yang ditentukan; 
  5. Menganalisis dan memberikan arah pengembangan design dan warna, untuk memastikan pengembangan produk sesuai dengan kebutuhan pasar; 
  6. Melakukan evaluasi kepuasan pelanggan dari hasil survey seluruh tim penjualan untuk memastikan tercapainya target kepuasan pelanggan yang ditentukan; 
  7. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas sebagai pertanggungjawaban tugas dan mewakili perusahaan atau organisasi dalam negosiasi, dan pada konvensi, seminar, dengar pendapat publik dan forum.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 114. Penjualan, Layanan Retail dan Grosir
Golongan Jabatan: 301. Pejabat Tinggi dan Menejerial
Tipe Kepribadian- Enterpresing. Memiliki ciri khas diantaranya menggunakan ketrampilan-ketrampilan berbicara untuk menguasai orang lain atau mempengaruhi orang lain, menganggap dirinya paling kuat, jantan, mudah untuk mengadakan adaptasi dengan orang lain, menyenangi tugas-tugas sosial yang kabur, perhatian yang besar pada kekuasaan, status dan kepemimpinan, agresif dalam kegiatan lisan.
Nilai Pekerjaan – merencanakan, mengatur, mengontrol dan mengkoordinir kegiatan atau proses pemasaran untuk mencapai target penjualan dan mengembangkan pasar secara efektif dan efisien.
Keterampilan – Menejemen: membuat perencanaan keuangan dan penjualan.
Kemampuan - kognitif: menejemen pemasaran dan publik speaking. Psikomotor: cekatan.  Fisik: berpenampilan menarik.  Sensory: memiliki visi yang baik dan memahami kebutuhan pasar.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: menerima dan melaporkan hasil penjualan dan rencana penjualan. Proses Mental: mengatur, memimpin dan merencanakan. Hasil Kerja: mengontrol dan mengkoordinir proses pemasaran. Interaksi dengan Orang Lain: bekerjasama dengan pekerja lain dan unit kerja terkait.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: dalam ruang kerja. Menajdi kepala menejer pemasaran.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari dua tahun dan kurang dari lima tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang Menejer pemasaran, anda dapat melanjutkan studi dengan memilih konsentrasi pada keilmuan pasar dan analisis pasar. Untuk itu pertama-tama anda dapat melanjutkan pendidikan di sekolah SMA kemudian melanjutkan pada perguruan tinggi dengan program studi ekonomi bisnis dan pemasaran.